10 Cara Alami Untuk Menyingkirkan Bintik-Bintik Di Wajah

Banyak wanita yang mengeluhkan bintik-bintik yang ada pada wajah mereka dan berusaha untuk menyingkirkannya. Bintik-bintik terbentuk ketika kulit memproduksi melanin secara berlebihan, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit untuk melindungi dari bahaya sinar matahari.

Apakah kulit anda rentan terhadap bintik-bintik tergantung pada jenis kulit anda. Misalnya, orang dengan rambut merah dan kulit putih lebih mungkin akan mengalaminya.

Tapi dalam kasus apapun, ini tidak menimbulkan kerugian kecuali membuat anda tidak percaya diri. Mengoleskan krim yang mengandung bahan aktif seperti asam alpha hydroxy, kojic asam, retinoid atau vitamin C dapat membantu memudarkan bintik-bintik ini.

Tapi ada beberapa cara alami yang dapat membantu anda untuk mengatasinya. Banyak bahan-bahan alami yang juga mengandung bahan aktif seperti diatas, berikut beberapa diantaranya yang bisa anda praktekkan.

1. Lobak

Lobak mentah secara tradisional telah digunakan untuk mengatasi bintik-bintik. Lobak dapat menghambat tirosinase, merupakan enzim yang terlibat dalam memproduksi melanin.

Hal ini diyakini karena lobak mengandung vitamin C dan senyawa fenolik yang dikenal mampu menghambat tirosinase, sehingga mengoleskan jus lobak pada bintik-bintik di wajah anda setiap hari dapat membantu memudarkannya secara bertahap.

2. Buttermilk

Asam laktat (asam alpha hidroksi) di buttermilk dapat membantu Anda mengatasi bintik-bintik. Menghilangkan kulit berpigmen dengan memfasilitasi pergantian epidermis, lapisan luar kulit anda. Selain itu, penelitian mengatakan bahwa mengobati kulit dengan asam laktat memiliki melanin lebih rendah.

Pengobatan dengan asam laktat juga telah ditemukan untuk meningkatkan kolagen dan menjaga kekenyalan kulit. Untuk mencoba dengan pengobatan ini anda hanya perlu mengoleskan sedikit buttermilk pada bintik-bintik dan cuci setelah kering.

3. Lemon

Lemon mengandung alpha hydroxy acids dalam bentuk asam sitrat. Lemon kaya akan vitamin C yang dapat menghambat pembentukan melanin dan mengurangi munculnya bintik-bintik. Tapi anda tidak boleh terkena cahaya matahari setelah menggunakan lemon.

Sambil mengoleskan jus lemon pada bintik-bintik, anda bisa meningkatkan kekuatannya dengan mencampur dalam jumlah yang sama dengan buttermilk. Oleskan campuran ini setiap hari dan gunakan sedikit minyak zaitun untuk melembabkan setelah anda membilas wajah.

4. Lidah Buaya

Aloe vera dapat melembabkan kulit, meningkatkan elastisitas, mengobati jerawat dan mengurangi iritasi kulit. Penelitian menyatakan bahwa ini dapat membantu menangani bintik-bintik juga.

Suatu senyawa yang dikenal seperti aloesin di dalam lidah buaya dapat menghambat aktivitas enzim tirosinase, sehingga menghambat produksi melanin.

Untuk mencoba pengobatan ini, anda bisa mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya langsung pada bintik-bintik di wajah. Anda juga bisa mencampurkannya dengan lemon dan buttermilk dalam jumlah yang sama.

5. Pasta Kunyit

Secara tradisional kunyit digunakan untuk mencerahkan hiperpigmentasi pada kulit. Oleh karena itu, rempah-rempah ini dapat membantu anda untuk mengatasi bintik-bintik.

Penelitian telah menemukan bahwa kurkumin yang merupakan komponen utama dari kunyit dapat menghambat produksi melanin. Jadi untuk menggunakan obat ini, anda cukup membuat pasta dari bubuk kunyit dan air lalu oleskan pada bintik-bintik di wajah. Bilas setelah kering.

6. Ekstrak Licorice

Licorice adalah obat umum yang digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi. Penelitian menunjukkan bahwa glabridin yang hadir dalam akar licorice dapat menghambat aktivitas tirosinase dan mengurangi produksi melanin.

Anda dapat mengoleskannya langsung dengan menggunakan kapas, beberapa ahli kulit menyarankan untuk mencampur beberapa tetes ekstrak akar licorice dengan minyak (minyak kelapa atau zaitun) dan oleskan pada bintik-bintik di wajah anda.

7. Susu Kedelai

Protein dalam kedelai yang disebut inhibitor trypsin kedelai dan inhibitor Bowman-Birk dapat mengganggu jalur biologis untuk mengubah melanin dan dengan demikian dapat mengurangi melanin di kulit Anda.

Cobalah obat ini dengan merendam kapas ke dalam susu kedelai yang tidak dipasteurisasi dan oleskan pada bintik-bintik anda. Ingat untuk menggunakan susu yang tidak dipasteurisasi, ini penting karena pasteurisasi dapat merusak kemampuan susu kedelai untuk mencerahkan kulit.

8. Kulit Jeruk, Yogurt Dan Madu

Jeruk Seville atau jeruk pahit mungkin menjadi bahan favorit Anda untuk membuat selai. Namun, ini bisa bekerja untuk menghilangkan bintik-bintik. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk dapat menghambat tirosinase dan hiperpigmentasi.

Untuk menggunakan obat ini, buat pasta dengan satu sendok makan kulit jeruk, campur dengan yogurt yang kaya akan asam laktat, madu untuk menghidrasi lalu oleskan pada bintik-bintik. Biarkan selama beberapa menit dan bersihkan wajah anda.

9. Alpukat

Alpukat yang kental dan lembut bisa untuk mengatasi bintik-bintik yang mengganggu ini. Antioksidan yang dikenal sebagai glutathione yang hadir dalam alpukat dapat menghambat tirosinase dan dengan demikian akan mengurangi tingkat melanin.

Menggunakan obat ini dengan mengeluarkan isi alpukat lalu hancurkan dan oleskan pada bintik-bintik di wajah anda.

10. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Bintik-bintik ini biasanya terjadi pada kulit akibat sinar matahari. Menutupi dengan topi bertepi lebar atau baju berlengan panjang dapat mencegahnya. Atau anda bisa menggunakan tabir surya dengan spf tinggi juga bisa membantu.

Bahkan, perlindungan yang anda lakukan dari matahari bisa membantu bintik-bintik anda memudar. Saat mencoba salah satu pengobatan diatas, anda harus bersabar dikarenakan ini alami dan bebas efek samping jadi diperlukan waktu beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelum anda melihat hasilnya.

« Previous Post
Next Post »