10 Kesalahan Dalam Mencuci Wajah

Pada dasarnya mencuci wajah adalah agar terbebas dari kotoran, debu dan lainnya. Mencuci wajah adalah langkah yang paling penting dalam perawatan kulit. Banyak orang yang menganggap ini adalah bagian sederhana namun, banyak yang melakukannya dengan salah.

Mencuci wajah dengan cara yang salah dapat menyebabkan banyak masalah kulit termasuk kering, iritasi, berminyak, jerawat, bruntusan, keriput dan penuaan dini serta masih banyak yang lainnya.

Dengan melakukan teknik mencuci wajah yang tepat dalam perawatan kulit sehari-hari, maka anda dapat menikmati kulit yang sempurna dan tampak lebih muda. Berikut 10 kesalahan umum yang harus dihindari ketika mencuci wajah.

1. Mencuci Wajah Secara Berlebihan

Tidak membersihkan kulit dapat menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit. Jadi banyak yang mencuci wajah secara berkala setiap hari. Tapi mencuci terlalu sering dapat menyebabkan iritasi, serta membuat produksi minyak bertambah.

Mencuci wajah cukup dua kali sehari. Pertama, pada pagi hari setelah anda bangun untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang terkumpul saat anda tidur. Kedua, saat malam hari sebelum tidur.

Jika anda perlu untuk mencuci wajah lebih dari dua kali, jangan gunakan air tapi sebaiknya gunakan tisu wajah untuk membersihkan dengan cepat dan tidak boleh menggunakannya secara berlebihan.

2. Menggunakan Air Panas

Menggunakan air panas untuk mencuci wajah, terutama selama musim dingin dapat membuat kulit kering. Bahkan mencuci dengan air yang terlalu dingin juga buruk karena dapat mengiritasi kulit dan merusak pembuluh darah.

Pilihan yang terbaik adalah menggunakan air hangat atau air biasa. Ini akan membantu menjaga kulit anda tetap sehat. Anda juga dapat menggunakan air yang disaring dan jangan mencuci wajah anda dengan air yang tidak cocok untuk diminum.

3. Tidak Menghapus Makeup

Memang benar bahwa mencuci wajah dengan pembersih membantu menghapus makeup dan debu serta kotoran lainnya dari kulit. Namun, lebih baik untuk menghapus makeup terlebih dulu sebelum mencuci wajah. Dengan cara ini, pembersih dapat bekerja langsung ke dalam pori-pori kulit.

Hapus makeup dengan makeup remover atau anda juga bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jangan pernah tidur dengan menggunakan makeup, ini dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit anda.

4. Menggunakan Pembersih Yang Salah

Banyak orang memilih pembersih yang tidak tepat untuk kulit wajah sehingga menimbulkan kerugian pada kulitnya. Jenis kulit yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda juga, pilihlah pembersih yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Pembersih yang baik adalah yang membantu menghilangkan kotoran sepenuhnya, tetapi tidak menghilangkan terlalu banyak minyak alami kulit. Selain itu, setelah menggunakan pembersih seharusnya kulit anda terasa lembab.

Pilih pembersih yang ringan dan lembut untuk kulit anda. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif harus memilih pembersih dengan bahan seperti teh hijau yang dapat menenangkan kulit sensitif.

5. Tidak Membilas Dengan Bersih

Menggunakan pembersih untuk wajah adalah ide yang baik. Namun, jika pembersih tidak dicuci dengan benar, dapat berbahaya bagi kulit. Residu yang ditinggalkan oleh pembersih dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kering.

Selain itu, pembersih yang tetap ada di kulit akan menarik lebih banyak kotoran. Bilas secara menyeluruh, terutama di sepanjang garis rambut, sisi hidung dan leher sampai semua pembersih hilang dari kulit.

6. Tidak Melakukan Pengelupasan Dengan Benar

Pengelupasan adalah langkah penting untuk membuat kulit menjadi sehat. Ini membantu menyingkirkan sel kulit mati, mendorong pertumbuhan sel baru, meningkatkan tekstur kulit, meningkatkan warna kulit dan membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.

Namun, sangat sedikit yang melakukan pengelupasan kulit dengan cara yang tepat. Pengelupasan berlebihan atau tidak melakukan sama sekali adalah salah satu kesalahan besar. Setidaknya lakukan seminggu sekali dengan menggunakan scrub lembut atau membuat scrub dari buah-buahan di rumah.

  • Campurkan gula dan madu dalam jumlah yang sama dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Gosok dengan lembut dan jangan menggosoknya dengan kasar.
  • Tunggu selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat, lakukan setiap minggu.

Waktu terbaik melakukan pengelupasan adalah pada saat malam hari, ketika anda tidur kulit anda akan menghasilkan sel-sel baru.

7. Tidak Mencuci Tangan

Banyak yang mencuci wajah tanpa mencuci tangan mereka terlebih dulu. Jika anda sering melakukannya, maka ini saatnya anda berhenti jika anda ingin memiliki kulit sehat dan sempurna.

Ketika anda mencuci wajah dengan tangan kotor, maka kotoran dari tangan akan pindah ke wajah. Pastikan tangan anda bersih sebelum mencuci wajah, cuci dengan menggunakan sabun cair yang berkualitas.

8. Menggosok dengan Handuk

Menggosok wajah dengan handuk terlalu keras setelah mencuci wajah dapat membuat kulit kehilangan minyak alami, yang menyebabkan iritasi dan kering. Selain itu, terus menerus menarik kulit dapat menyebabkan kulit kendur.

Gunakan lap lembut untuk mengeringkan kulit anda, dan pisahkan lap untuk wajah anda. Jangan gunakan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh anda.

9. Menggunakan lap Yang Kotor

Selalu gunakan lap yang bersih untuk wajah anda. Kain lap basah bisa menjadi kotor dengan cepat dan menggunakannya kembali dapat membuat kotoran kembali lagi ke wajah anda. Hal ini akan menyebabkan masalah seperti jerawat dan noda.

Cuci kain lap setiap hari setelah menggunakannya. Gunakan deterjen ringan untuk mencuci lap dan keringkan di bawah sinar matahari. Jangan simpan lap di kamar mandi, tapi simpan di tempat yang bersih dan kering. Selain itu jangan berbagi lap dengan orang lain.

10. Tidak Menggunakan Pelembab

Mencuci wajah dapat menghilangkan kelembaban kulit, sehingga sangat penting untuk mengoleskan pelembab wajah setiap kali anda mencuci kulit untuk mempertahankan kelembaban alami. Pelembab yang baik akan menciptakan pelindung dan mencegah kulit kering.

Oleskan pelembab secara rutin setelah anda mencuci wajah, ini akan memaksimalkan penyerapan dan membantu menjaga kelembaban. Pastikan untuk memilih pelembab yang cocok untuk jenis kulit anda. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak dapat menggunakan pelembab berbasis air dan bebas minyak.

Saat anda mengoleskan pelembab, lakukan dengan lembut dan hindari menekan dan menariknya dengan kasar. Gunakan dengan menekan jari-jari anda dari bawah ke atas. Anda harus ekstra hati-hati ketika mengoleskan pelembab di sekitar mata, karena area mata memiliki kulit yang lebih tipis.

« Previous Post
Next Post »