10 Makanan Untuk Kulit Tampak Lebih Cantik Sempurna

Apakah anda tahu bahwa apa yang anda makan akan mempengaruhi keindahan kulit anda? Ada hubungan yang kuat antara apa yang anda makan dan pilihan makanan yang anda makan.

Dengan makanan yang tepat, anda bahkan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, penurunan elastisitas kulit dan perubahan warna kulit. Pada saat yang sama, makan makanan yang tepat akan membantu anda sehat dari dalam.

Tubuh yang sehat akan selalu tercermin pada kesehatan kulit. Diet yang seimbang sangat penting untuk kecantikan dan kesegaran kulit. Makanan yang tinggi antioksidan, vitamin A, C dan E serta selenium melindungi dan menjaga kulit dengan baik.

Berikut beberapa makanan yang akan membuat kulit anda cantik sempurna.

1. Buah

Berbagai jenis buah seperti strawberry, blueberry, mulberry, blackberry, cranberry, raspberry, ceri dan boysenberry dianggap makanan kulit karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural dan Food Chemistry menemukan bahwa berry memiliki antioksidan yang kuat.

Antioksidan mampu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dengan mengurangi kerusakan oksidatif sel. Selain antioksidan, berry juga memiliki sifat antiinflamasi

Berry enak dimakan sebagai cemilan dan anda juga bisa menambahkannya ke dalam sereal, smoothie atau yogurt untuk mendapatkan kulit sehat dan indah.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber yang baik dari polifenol, antioksidan seperti vitamin E dan asam lemak esensial, yang benar-benar dapat membantu menunda proses penuaan.

Hal ini juga kaya akan skualena, yang sangat bagus untuk kulit serta kuku, rambut dan bibir anda. Jumlah vitamin E yang tinggi dalam minyak zaitun membantu melindungi membran sel dan menjaga kulit dari kerusakan sinar ultraviolet yang berbahaya.

Anda dapat mengoleskan minyak zaitun langsung pada kulit, sebagai pelembab alami setelah mandi. Juga bagus untuk melembabkan kulit di tangan dan dapat digunakan sebagai makeup remover.

Untuk mendapatkan kesehatan sebagaimana manfaatnya untuk kecantikan, anda bisa menambahkannya ke dalam salad dan menggunakannya untuk memasak.

3. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik yang mengandung omega-3 asam lemak, membantu mempertahankan membran sel untuk memungkinkan air dan nutrisi terjaga sambil mengeluarkan racun yang berbahaya.

Lemak sehat yang terkandung dalam salmon juga mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker kulit. Salmon juga mengandung selenium, mineral yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Makan setidaknya dua porsi ikan salmon ini setiap minggu. Satu porsi sama dengan 2-3 ons. Anda bisa menikmatinya dengan dipanggang atau dibakar, pasta atau salad. Selain salmon, anda juga bisa mencoba herring, makerel dan sarden yang membantu kulit menjadi halus dan bersinar.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin B, C dan E, kalium, kalsium, besi, magnesium dan asam lemak omega-3 yang besar untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, orang-orang yang banyak makan bayam lebih rendah menderita dari berbagai jenis tumor kulit dibandingkan dengan mereka yang sangat sedikit makan bayam.

Ini mungkin karena jumlah tinggi folat dalam bayam yang membantu memperbaiki dan mempertahankan DNA, mencegah kerusakan sel dan memperlamabat proses penuaan. Juga, kandungan air dalam bayam bisa menembus membran sel dan dapat mengurangi keriput.

5. Tomat

Tomat adalah sumber terbaik yang mengandung antipenuaan, antioksidan dan likopen. Likopen membantu mengurangi inflamasi terhadap kerusakan dari sinar UV yang berbahaya, sehingga mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

Untuk menikmati manfaat likopen, anda perlu memasak tomat terlebih dulu daripada makan mentah. Tomat juga mengandung sejumlah vitamin C, yang membantu dalam produksi kolagen dan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung sejumlah vitamin C, yang membantu dalam produksi kolagen dan protein yang mengurangi keriput dan membantu menjaga kulit anda tetap bagus dan halus. Selain itu, vitamin A dalam ubi jalar juga akan membuat kulit anda cerah.

Anda dapat memasukan ubi jalar ke dalam diet anda dengan menambahkannya ke dalam sup atau salad. Anda juga bisa mencoba untuk memanggangnya.

7. Pepaya

Pepaya adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C dan dapat membantu melindungi sel-sel kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dengan membantu perbaikan DNA yang dirugikan oleh sinar UV.

Pepaya juga kaya akan enzim papain yang membantu memelihara dan mendukung kesehatan kulit dengan memecah sel kulit mati sehingga akan lebih mudah dibuang.

Kulit pepaya dapat digunakan untuk membantu pengelupasan kulit dan pepaya mentah yang dihaluskan bisa dibuat menjadi masker untuk mengurangi jerawat dan bekasnya. Selain itu, pepaya masak bisa langsung dimakan dan pepaya muda bisa dijadikan sup.

8. Dark Cokelat

Cokelat mengandung flavonols yang membantu kulit terhidrasi, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan aliran darah. Juga, membantu mengurangi stres dan kerusakan kolagen yang mengakibatkan keriput serta garis-garis halus.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, perempuan yang minum cokelat dengan 326mg flavonol memiliki tekstur kulit lebih baik. Anda juga bisa memakan sedikit dark cokelat setiap hari.

9. Teh Hijau

Teh hijau sangat bagus untuk kulit serta kesehatan secara keseluruhan. Polifenol dalam teh hijau memiliki sifat antiinflamasi dan itu sangat baik untuk melindungi membran sel. Ini bahkan dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko kanker kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa minum teh hijau 2-6 cangkir sehari tidak hanya membantu mencegah kanker kulit tapi dapat membalikkan efek kerusakan akibat sinar matahari dengan menetralisir perubahan yang tampak pada kulit yang terpapar sinar matahari.

10. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari baik untuk kulit anda. Segenggam kacang setiap hari dapat menjadi rahasia kulit halus serta rambut sehat, karena mengandung nutrisi dalam jumlah yang tinggi seperti omega-3 asam lemak dan vitamin E.

Vitamin E mengurangi penuaan pada kulit dan melindungi kulit dari kerusakan UV. Hal ini juga membantu menjaga kulit terhidrasi dengan baik, memberikan anda bantuan dari kekeringan dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Selain itu, omega-3 asam lemak ini membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker kulit.

Jadi, rahasia di balik kulit bercahaya adalah makanan yang anda makan. Selain makan yang tepat, anda juga harus berolahraga secara teratur, tidur yang nyenyak dan hindari terpapar matahari dalam jangka waktu yang lama agar terlihat lebih muda di tahun-tahun mendatang.

« Previous Post
Next Post »