10 Makanan Yang Membuat Badan Dan Napas Bau

Bau badan tentu sangat mengganggu terutama saat ketika menghadiri acara penting seperti wawancara atau sekedar kumpul-kumpul dengan keluarga dan teman.

Terkadang bau pada badan berasal dari makanan yang anda makan, tidak peduli seberapa sering anda mandi dan menggunakan parfum, tidak ada yang bisa menutupi bau tersebut.

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan bau badan, bau mulut serta bau pada urin dan tinja. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah bau pada badan anda.

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah ramuan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Tetapi bawang putih juga dapat membuat nafas anda bau serta sulit untuk dihilangkan.

Bau dari bawang putih yang kuat bisa bertahan sangat lama hingga 72 jam. Bawang putih bahkan bisa mengeluarkan bau pada urin Anda.

Bawang putih mengandung allicin, senyawa belerang yang dilepaskan ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan. Allicin akan rusak dengan cepat setelah dikonsumsi yang menyebabkan bakteri tercampur dengan keringat dan air liur sehingga membuat bau pada tubuh dan mulut.

Jika anda khawatir terhadap bau dari bawang putih ini, hindari memakannya dalam keadaan mentah. Selalu masak bawang putih secara menyeluruh untuk mengurangi jumlah metil merkaptan yang menyebabkan bau. Juga hindari, makan makanan Cina dan Italia dalam jumlah besar karena mereka menggunakan bawang putih yang banyak.

2. Bawang Merah

Bawang merah juga membuat bau pada badan dan napas. Bau dari bawang ini bisa bertahan sangat lama di dalam mulut. Senyawa belerang di dalamnya bertanggung jawab dalam hal ini. Ketika bawang mentah dicerna, molekul berbau sampai pada paru-paru melalui aliran darah sehingga menyebabkan bau napas.

Bawang mentah membuat bau napas selama berjam-jam. Namun, tidak untuk bawang yang sudah di masak. Oleh karena itu, hindari makan bawang mentah secara berlebihan.

3. Daging Merah

Orang yang suka makan daging merah akan mengalami bau badan. Hal ini terjadi karena daging merah memakan waktu yang lama untuk melalui saluran pencernaan dan membusuk selama proses berjalan sehingga menyebabkan bau mulut dan badan.

Sebuah penelitian menemukan efek dari konsumsi daging terhadap bau badan, bahwa tubuh orang-orang yang menjalani diet vegetarian jauh lebih menarik daripada tubuh pemakan daging.

Kurangi daging merah dari makanan anda sepenuhnya, karena dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan juga bau. Jika anda tidak bisa menjadi vegetarian, coba untuk mengganti daging dengan seafood.

4. Asparagus

Asparagus adalah makanan lain yang dapat mempengaruhi bau badan anda. Ini mengandung thioesters dan methanethiol, senyawa belerang yang terurai menjadi komponen kimia yang bau juga membuat urin anda berbau.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa urin orang-orang yang baru saja makan asparagus memiliki bau belerang yang berbeda dan mirip dengan kubis yang dimasak.

Jika urin anda berbau setelah makan asparagus, hal terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memilih alternatif lain seperti paprika.

5. Sayuran Cruciferous

Meskipun tinggi kalium dan antioksidan sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat menyebabkan bau badan. Sayuran ini mengandung belerang, bahan kimia yang dapat meningkatkan bau yang dilepaskan melalui keringat setelah anda mengkonsumsinya.

Sayuran ini sangat sehat bagi anda, anda tidak harus menghilangkannya dari makanan anda. Batasi saja jumlah yang harus anda konsumsi. Juga dianjurkan untuk memasak sayuran ini kedalam air yang sedikit asin dan setengah matang.

6. Alkohol

Meminumnya sesekali tidak akan menyebabkan bau badan. Tetapi ketika anda minum berlebihan, ini mungkin akan dilepaskan melalui pori-pori anda dalam bentuk keringat sehingga membuat tubuh anda bau serta bau napas yang benar-benar buruk.

Bau busuk yang menjijikkan ini sulit untuk disamarkan, bahkan setelah menggunakan permen. Sementara itu, cobalah minum banyak air untuk menjaga tubuh terhidrasi. Hindari minum alkohol secara berlebihan atau lebih baik untuk tidak meminumnya sama sekali, karena sangat buruk untuk kesehatan.

7. Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan kaya akan omega-3 asam lemak yang sangat menguntungkan bagi kesehatan. Sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Tapi sisi negatifnya, kebanyakan suplemen minyak ikan mengandung kotoran yang memicu bau amis pada badan. Dan kapsul minyak ikan juga sangat cepat berbau tengik. Selain masalah bau, suplemen minyak ikan juga dapat menyebabkan efek samping seperti bersendawa dan mual pada beberapa orang.

Mengkonsumsi kapsul minyak ikan yang dilapisi enterik dapat membantu mengurangi gejala gastrointestinal sampai batas tertentu karena akan larut dalam usus bukan perut.

8. Fenugreek

Ramuan lain dan rempah-rempah yang dapat memiliki efek yang sangat nyata pada bau urin Anda adalah fenugreek.

Fenugreek mengandung tinggi senyawa solotone, setelah melewati saluran kemih maka akan membuat bau yang kuat pada urin anda. Menariknya, solotone digunakan secara komersial sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan sirup maple.

Jika urin Anda berbau seperti fenugreek setelah makan sejumlah besar daun atau biji fenugreek, sebaiknya hindari atau batasi asupannya.

9. Kopi

Kopi memiliki efek diuretik dan dapat membuat urin anda benar-benar bau. Minuman ini juga mengaktifkan kelenjar keringat anda, yang dapat menyebabkan bau badan.

Karena sangat asam, kopi dapat membuat mulut anda kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Seiring waktu, konsumsi kopi secara berlebihan juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri di mulut dan menyebabkan bau mulut.

Hindari kopi dan pilih teh herbal, tidak hanya sebagai pilihan yang lebih sehat, tetapi secara aktif menjaga bau mulut.

10. Jintan

Jintan adalah rempah-rempah yang kuat ketika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan pori-pori anda mengeluarkan bau selama beberapa hari setelah mengkonsumsinya.

Rempah-rempah ini menyebabkan bau melalui ginjal, berbau sangat tajam dan menyengat juga pada tubuh anda. Jika anda tidak ingin berbau saat menghadiri acara penting, pastikan untuk menghindari makanan yang mengandung jintan dan bubuk kari.

« Previous Post
Next Post »