10 Perawatan Alami Untuk Memperbaiki Warna Kulit Tidak Merata

Bintik-bintik cokelat dan gangguan hiperpigmentasi seperti melasma semuanya memiliki sesuatu yang sama dengan melanin. Pigmen ini di kulit berfungsi memberikan warna dan melindunginya dari efek merusak sinar matahari dengan menyerap ataupun memantulkannya.

Semakin banyak melanin  yang anda miliki maka semakin gelap kulit anda. Jadi, ketika anda pergi keluar di bawah sinar matahari, kulit anda mulai memproduksi lebih banyak melanin. Sementara itu melanin dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan bahkan menurunkan risiko kanker kulit.

Melanin berlebih sering dapat menyebabkan bercak-bercak di kulit, bintik-bintik coklat atau bahkan kulit coklat yang membandel. Jika ini masalah yang anda hadapi  berikut beberapa solusi alami yang mudah untuk mencerahkan kulit yang tidak merata dan mengurangi tingkat melanin.

1. Oleskan Buah Alpukat

Alpukat merupakan makanan kesehatan yang ramah untuk jantung. Tapi apakah anda tau bahwa alpukat juga dapat menurunkan tingkat melanin? Alpukat mengandung antioksidan glutathione yang menghambat enzim tirosinase yang penting untuk memproduksi melanin. Oleskan alpukat yang telah dihancurkan untuk kulit yang hiperpigmentasi serta untuk mencerahkannya.

2. Susu Kedelai Yang Tidak Dipasteurisasi

Kedelai kaya akan serat dan protein merupakan makanan yang disukai oleh para penggemar kesehatan. Dan juga dapat mengurangi melanin. Mereka mengandung protein yang dikenal sebagai inhibitor bowman birk dan inhibitor trypsin kedelai yang mengganggu jalur biologis untuk memindahkan melanin ke lapisan luar kulit.

Oleskan sedikit susu kedelai yang tidak dipasteurisasi kebagian-bagian berpigmen. Dan pastikan ini adalah susu kedelai yang tidak dipasteurisasi karena yang sudah dipasteurisasi dapat merusak efek mencerahkan dari susu kedelai.

3. Pasta Kunyit

Masyarakat Asia Tenggara secara tradisional telah menggunakan kunyit sebagai agen pencerah kulit. Menurut penelitian, kurkumin senyawa bioaktif yang ditemukan dalam kunyit dapat menghambat produksi melanin. Campurkan kunyit bubuk dan susu hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang gelap dan biarkan beberapa menit lalu bilas.

4. Minyak Bunga Matahari

Asam linoleat, yang merupakan komponen utama dari minyak bunga matahari, telah ditemukan memiliki sifat pencerah kulit. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat menekan produksi melanin dan mengurangi hiperpigmentasi dari paparan radiasi ultraviolet. Hal ini juga dianggap mengurangi kandungan melanin di kulit dengan mempercepat mengganti lapisan terluar kulit (stratum korneum).

5. Infused Bunga Arnica

Menurut penelitian, bunga arnica dapat menghambat sintesis melanin. Untuk membuat infused minyak bunga arnica, masukkan bunga ke dalam jar bersih dan tambahkan dengan minyak bunga matahari. Biarkan bunga terendam dalam minyak selama sekitar 2-6 minggu. Pastikan anda mengocok jar sekali sehari. Kemudian saring minyak ke dalam botol dan oleskan sesuai kebutuhan anda.

6. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit berkat sifat pelembab dan menenangkan. Tapi anda mungkin tidak tahu bahwa tanaman menakjubkan ini juga bisa mengatasi hiperpigmentasi. Senyawa dalam lidah buaya yang dikenal sebagai aloesin telah ditemukan mampu menghambat aktivitas tirosinase dan mengurangi produksi melanin. Anda bisa langsung mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya.

7. Teh Licorice

Licorice mengandung glabridin, sebuah komponen yang mampu menghambat aktivitas tirosinase dan menghambat produksi melanin. Rendam akar licorice dalam air panas selama sekitar 3-5 menit dan saring untuk membuat ramuan depigmentasi sendiri. Oleskan ke kulit yang berpigmen atau kecoklatan untuk mengurangi pigmentasi berlebihan. Anda juga dapat membuat masker wajah dengan oat yang dimasak dan bubuk licorice untuk efek pemutih dan pelembab kulit.

8. Masker Kulit Jeruk Seville

Jeruk seville merupakan selai yang lezat daripada digunakan untuk perawatan kulit, tapi buah lezat ini dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi juga. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk seville dapat menghambat enzim tirosinase.

Parut kulit jeruk dan campurkan dengan sedikit air jeruk, madu dan yogurt sampai berbentuk pasta. Oleskan pasta ini dan biarkan selama 5 menit lalu bilas hingga bersih. Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa hari dengan mengoleskannya secara teliti setiap hari.

9. Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat yang merupakan agen pencerah kulit. Penelitian menunjukkan bahwa kulit yang diobati dengan asam alfa hidroksi ini memiliki simpanan melanin yang lebih rendah. Asam laktat juga meningkatkan kolagen dalam kulit dan dapat mengurangi kerutan serta membuat kulit lebih lembut. Tidak heran mengapa Cleopatra sangat gemar mandi buttermilk. Jadi bersihkan kulit yang gelap dengan buttermilk untuk mencerahkannya.

10. Jus Lobak

Penelitian menunjukkan bahwa lobak dapat menghambat tirosinase, sehingga mengurangi produksi melanin. Tetapi itu tidak semua, lobak kaya akan antioksidan dan memiliki efek antipenuaan juga. Jadi oleskan sedikit jus lobak dan cuci setelah kering untuk membuat kulit anda lebih cerah.

Dapatkah Pengobatan Ini Merubah Warna Kulit?

Pengobatan ini dapat mengurangi produksi melanin, tapi ini tidak dapat mengubah warna dasar kulit anda. Kandungan melanin pada kulit Anda terkait dengan gen dan tidak dapat dikalibrasi ulang sepenuhnya.

Penelitian manipulasi melanin sistemik dengan komponen seperti asam traneksamat, peptida L-sistein, asam hyaluronic, faktor pertumbuhan epidermal, dan bahkan glutathione sedang berlangsung tetapi tidak ada yang tidak bisa dipungkiri.

Jadi ketika masalah kulit dapat diatasi dengan memodifikasi konten melanin, pengobatan alami ini tidak akan mengubah DNA dasar kulit anda dan juga tidak memiliki efek samping.

« Previous Post
Next Post »