10 Perawatan Kecantikan Alami Untuk Tangan Dan Kaki

Banyak wanita yang mencintai perawatan wajah dan rambut, tapi sering mengabaikan keindahan dan kesehatan tangan dan kaki.

Padahal tangan dan kaki adalah bagian tubuh yang sama pentingnya untuk dilakukan perawatan, tentu sangat memalukan jika anda akan bersalaman dengan orang lain tetapi tangan anda kasar dan keriput.

Lalu saat anda menggunakan sendal saat keluar atau sedang dipantai, ternyata and melihat tumit kaki anda kering dan retak-retak. Apa yang akan anda lakukan?

Tenang, berikut beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk merawat tangan dan kaki yang bisa anda temui di dapur anda.

Perawatan Alami Untuk Tangan

Tangan anda melakukan banyak tugas sepanjang hari, mulai dari mengurus anak-anak, mencuci piring, menyiapkan hidangan, menulis, memandikan bayi dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan oleh tangan anda.

Semua tugas-tugas itu membuat anda mencuci tangan lebih sering serta menggunakan sabun dan produk-produk pembersih lain yang menyebabkan tangan anda menjadi keriput dan kasar. Tangan andapun tampak seolah-olah lebih tua dari yang seharusnya.

Pada saat yang sama, anda ingin mencoba untuk menjaga tangan anda tetap cantik dan lembut. Anda tidak perlu khawatir, kenapa tidak mencoba beberapa resep alami perawatan tangan buatan sendiri? Perawatan alami ini sangat mudah dan anda bisa mendapatkan kembali kelembutan tangan anda.

1. Lotion Dari Lemon

Tangan yang terlalu sering terkena air dan berbagai macam sabun, detergent dan pemebersih lainnya akan membuat kulit tangan mengering sehingga membuatnya menjadi kasar. Anda perlu melakukan perawatan agar kulit tangan anda menjadi lembut dan halus kembali.

Untuk membuat lotion alami yang sederhana ini anda hanya memerlukan campuran 5 sendok makan perasan lemon dan secangkir gliserin yang bisa mengembalikan kelembutan tangan anda dengan cepat.

2. Perawatan Intensive Krim Tangan

Resep alami krim tangan ini sangat ideal bagi tangan pekerja keras atau kulit tangan yang sangat kering dan pecah-pecah.

Anda hanya memerlukan 1 sendok makan beeswax, 10 tetes minyak esensial myrrh, 10 tetes minyak esensial kayu cedar, 1/4 cangkir shea butter dan 2 sendok makan minyak almond.

Lelehkan beeswax, shea butter dan minyak almond ke dalam double boiler, biarkan hingga dingin selama 5 menit, kemudian campurkan minyak esensial sampai tercampur rata.

3. Memperkuat Kuku Dengan Minyak Zaitun Dan Lemon

Ini adalah cara yang sederhana dan benar-benar efektif untuk memperkuat kuku. Hanya dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dan beberapa tetes perasan lemon lalu gosokkan ke kuku setiap malam sebelum anda tidur.

Jika anda rutin melakukan hal ini, maka kuku anda akan menjadi kuat dan tidak mudah rapuh lagi.

4. Tea Tree Oil Untuk Melawan Infeksi Jamur Kuku

Jika kuku anda berubah menguning, bisa saja itu terjadi dikarenakan terlalu sering menggunakan cat kuku atau kuteks. Tapi di sisi lain hal ini juga bisa menandakan anda memiliki infeksi jamur kuku.

Bila dikarenakan oleh infeksi jamur, anda bisa mencoba menerapkan tea tree oil ke kuku anda. Rendam kuku anda selama 5 menit ke dalam air yang telah dicampur tea tree oil lalu kemudian bilas dengan air hangat.

Tea tree oil mengandung sifat anti-jamur sehingga sangat ampuh untuk melawan jamur dan dapat membersihkan kuku anda dalam waktu yang singkat.

5. Gunakan Cuka Apel Untuk Menyingkirkan Kutil

Kutil di tangan akan sangat memalukan dan dapat juga menjadi sangat menyakitkan. Untuk cara cepat dan alami menyingkirkan kutil, anda bisa merendam kapas kecil ke dalam cuka sari apel.

Kemudian letakan diatas kutil dan lengketkan beberapa plester. Ini mungkin agak menyengat sedikit, tetapi kandungan asam dari cuka akan mengobati dan menghilangkan kutil dengan mudah.

Perawatan Alami Untuk Kaki

Kaki retak dan kering tentu sangat tidak menarik. Sayangnya, banyak yang mengabaikan perawatan kaki dan banyak yang memilih menghabiskan banyak waktu untuk merawat kulit wajah dan tubuh sementara bagian kaki cenderung diabaikan dan terlupakan.

Apakah anda memerlukan beberapa perawatan khusus untuk menangani masalah kulit kaki yang sedang anda alami? Kaki merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang sangat penting dan juga perlu untuk mendapatkan perhatian.

Menjaga kaki dengan pilihan perawatan kecantikan buatan sendiri dan belajar bagaimana membuatnya dengan tips dibawah ini.

6. Scrub Kaki Menggunakan Tea Tree Oil Dan Mint

Ini merupakan resep yang hebat untuk menghilangkan kulit keras dibagian kaki. Untuk yang satu ini, anda juga akan memerlukan garam laut yang kasar, minyak atsiri, minyak esensial peppermint dan minyak pembawa.

Gunakan sebuah jar dengan diisi tiga seperempat oleh garam laut dan tambahkan minyak pembawa sampai menutupi garam. Kemudian, tambahkan 5 tetes dari masing-masing minyak esensial. Pakai scrub ini 2-3 kali seminggu dan lihatlah perubahan yang menakjubkan.

7. Mengobati Kutu Air Dengan Garam Himalaya

Jika anda bermasalah dengan kutu air, maka garam himalaya dan cuka sari apel akan segera mengatasinya. Rendam kaki anda di dalam air hangat yang telah ditambahkan setengah cangkir cuka sari apel dan 2 sendok garam himalaya.

Kandungan asam dari campuran ini akan membunuh infeksi jamur yang menyebabkan kutu air setelah dilakukan perendaman beberapa kali.

8. Menyegarkan Kaki Dengan Peppermint

Memiliki hari yang panjang bersama kaki anda? Yah, dengan merendam kaki dapat menyegarkan kaki anda kembali dan meringankan sakit otot yang terjadi pada kaki.

Rendam kaki anda kedalam air hangat dengan ditambahkan 3 tetes minyak esensial peppermint, 1 tetes minyak esensial lemon dan 1 tetes minyak atsiri dan rasakan stres serta ketegangan anda akan menghilang.

9. Melawan Bau Kaki Dengan Teh Hitam

Ini adalah masalah yang sangat mengganggu bagi sebagian besar dari kita, tapi berikut ada solusi sederhana yang bisa anda lakukan.

Rebus 2 cangkir air dengan 2 kantong teh hitam dan biarkan hingga dingin. Rendam kaki anda ke dalam rebusan teh tadi, asam tannic yang terkandung dalam teh akan membunuh semua bakteri yang menyebabkan kaki bau.

10. Menghilangkan Kulit Retak Pada Kaki Dengan Madu

Madu adalah pelembab alami yang sangat baik serta bertindak juga sebagai humektan, yang berarti mampu mengunci kelembaban pada kulit.

Untuk mengobati kulit kaki yang kering dan retak, tambahkan secangkir kecil madu kedalam semangkuk air hangat dan rendam kaki anda didalamnya. Hal ini akan melunakkan kaki, dan membantu menyembuhkan retak pada kaki serta akan melawan infeksi jamur juga.

Melakukan rangkaian perawatan tangan dan kaki ini sangat sederhana bukan? Anda juga bisa mendapatkan dengan mudah bahan-bahan yang dibutuhkan. Serta tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal jika anda melakukan perawatan ini di salon atau spa.

Stay beauty !

« Previous Post
Next Post »