Apakah Ketombe Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Ketombe dapat menyebabkan rambut rontok? Kedengarannya mungkin tidak ada hubungan secara langsung, namun 2 masalah ini cukup terkait erat. Jika anda berjuang untuk mengatasinya, beberapa perawatan rumahan alami bisa sangat bermanfaat untuk keduanya.

Apa Itu Ketombe?

Ketombe mempengaruhi sekitar 50% dari orang-orang di seluruh dunia, sehingga anda tidak sendirian dalam masalah ini. Kondisi kulit ini dapat menyebabkan kulit kepala anda mulai mengelupas, meninggalkan serpihan berwana abu-abu atau putih di rambut anda.

Bisa juga menyebabkan kulit kepala anda terasa gatal dan kering. Bagi sebagian orang, kulit kepala bahkan akan menjadi bengkak atau merah. Untungnya, ini tidak menular, tapi bisa sangat memalukan karna banyak yang menganggap ini adalah kotor dan tidak enak dilihat.

Hal ini disebabkan oleh :

  • Ragi berlebih pada kulit, dermatitis seboroik pada orang dewasa dan cradle cap atau kerak kepala pada bayi.
  • Kurap di kulit kepala/infeksi jamur seperti tinea capitis.
  • Eksim.
  • Reaksi alergi terhadap hairspray, gel atau pewarna.
  • Kondisi kulit seperti psoriasis.

Stres dan paparan cuaca dingin juga dapat membuat ketombe menjadi lebih buruk. Seringkali, jamur yang terlibat dalam kondisi ini menyebabkan pertumbuhan di kulit kepala meningkat, mengakibatkan lebih banyak sel-sel kulit mati dari biasanya.

Ini adalah serpihan dari kulit kepala Anda bersama dengan minyak dalam kulit. Selain itu, anda mungkin akan mengalami rambut rontok, rambut menipis, berkurangnya kepadatan rambut, kebotakan bahkan kebotakan serius. Semua tanda-tanda masalah rambut rontok yang mungkin atau tidak terkait dengan ketombe.

Ketombe Tidak Langsung Menyebabkan Rambut Rontok

Ketombe sendiri tidak langsung bertanggung jawab terhadap rambut rontok. Namun, masalah dengan kulit kepala kadang dapat menyebabkan rambut rontok. Sebagai contoh, telogen effluvium, rambut rontok sementara biasanya karena beberapa bentuk syok atau stres.

Sehingga mengakibatkan penipisan pada rambut. Demikian pula, ketombe yang berhubungan dengan masalah-masalah tertentu seperti kulit kepala gatal yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut atau menyebabkan rambut rontok.

Ketombe Yang Tidak Diobati Menyebabkan Rambut Rontok

Kondisi kronis pada kulit kepala anda dapat meningkatkan rambut rontok dan bahkan membawa pengurangan sementara pada rambut per sentimeter persegi kulit kepala Anda yang disebut kepadatan rambut berkurang.

Jadi ketika anda mengalami masalah ketombe dan tidak diobati dalam jangka panjang akan mengurangi rambut anda untuk sementara waktu, ini akan membuat rambut anda rontok. Peneliti bahkan mencatat bahwa kulit kepala yang berketombe lebih memungkinkan terjadinya kerontokan daripada kulit kepala yang normal.

Terlalu Sering Menggaruk Akan Melemahkan Akar Rambut

Rambut rontok juga dikaitkan karena masalah ini. Misalnya, terus-menerus menggaruk kulit kepala yang berketombe dapat menyebabkan rambut rontok secara tidak sengaja dengan menarik rambut dari akarnya.

Kekeringan juga dapat membuat rambut anda kekurangan gizi karena minyak kulit yang menempel pada kulit terkelupas sehingga menyebabkan gizi yang buruk pada rambut anda.

Penggunaan Shampo Antijamur Terlalu Sering Dapat Merusak Rambut

Anda mungkin menggunakan shampo anti jamur atau shampo biasa beberapa kali seminggu untuk mengatasi ketombe. Sayangnya hal ini dapat membuat rambut kering. Lebih buruk lagi juga akan merusak kutikula dan mempengaruhi kualitas serta tampilan rambut secara keseluruhan.

Rambut menjadi sulit untuk di sisir dan ini dapat menyebabkan rambut rontok. Menghaluskan kutikula dan melapisi tangkai rambut dapat membantu meredakan masalah ini

Obat Rambut Rontok Juga Dapat Mengakibatkan Ketombe

Menariknya, rambut rontoklah yang mungkin menjadi penyebab ketombe. Jika anda sedang mengobati rambut rontok dengan obat tertentu, itu bisa jadi mengapa Anda memiliki ketombe, daripada ketombe anda yang menyebabkan rambut rontok.

Obat rambut rontok seperti minoxidil, yang merupakan pengobatan topikal untuk merangsang pertumbuhan rambut, memiliki beberapa efek samping yang tidak diinginkan termasuk iritasi kulit kepala dan infeksi kulit.

Hal ini juga dapat menyebabkan kekeringan dan bagi beberapa orang kekeringan yang buruk sehingga mengalami ketombe. Ada beberapa bukti seperti pengelupasan dan infeksi kulit yang terjadi akibat penggunaan minoxidil.

Beberapa penelitian dalam perawatan pertumbuhan rambut kembali dengan obat-obatan anti jamur seperti ketoconazole yang secara bersamaan menggunakan minoxidil. Perawatan topikal semacam ini dapat menawarkan harapan bagi mereka yang dilanda masalah ketombe.

Alternatifnya adalah dengan beralih ke perawatan rambut yang berbeda daripada menggunakan minoxidil.

Mengobati Ketombe Bisa Mengurangi Rambut Rontok

Ketombe dikaitkan dengan kulit kepala kering, gatal dan bersisik. Itulah sebabnya mengapa anda biasanya akan diberitahu untuk melembabkan kondisi kepala dan rambut anda sehingga mengurangi gatal-gatal.

Hal ini dilakukan juga untuk membantu menyuburkan rambut dari akar hingga ujung. Dan ada beberapa berita baik juga bahwa beberapa obat yang dimaksudkan untuk membantu mengobati masalah ketombe juga dapat membantu mengatasi rambut rontok.

Berikut adalah beberapa solusi pengobatan alami yang bisa anda lakukan :

  • Jus bawang mentah adalah agen antifungal, berguna untuk mengobati ketombe. Juga dikenal sebagai obat alami untuk alopecia areata yang menyebabkan rambut rontok
  • Pasta atau gel bawang putih yang dioleskan pada kulit kepala bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe.
  • Minyak sereh adalah tonik rambut yang bagus dan secara signifikan dapat mengurangi ketombe pada rambut.

Rambut Rontok Yang Disebabkan Oleh Hal Lain

Bagaimana jika ketombe tidak ada hubungannya dengan kerontokan rambut Anda? Apakah ada alasan-alasan lain yang menyebabkan rambut rontok? Rambut rontok bisa disebabkan karena faktor-faktor tertentu seperti stres, nutrisi yang kurang, ketidakseimbangan tiroid atau hormon serta alopecia.

Obat-obatan tertentu seperti kemoterapi juga dapat menyebabkan anda mengalami kerontokan rambut. Menggunakan terlalu banyak perawatan pada rambut seperti bahan kimia atau panas dari catokan serta pewarnaan pada rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Traksi alopecia adalah pemicu yang dapat dihindari dan menarik rambut Anda terlalu kuat saat mengikat rambut. Selain itu, adanya gangguan seperti trikotilomania yang dapat menimbulkan dorongan yang tak tertahankan untuk mencabut rambut Anda sendiri.

Jadi jika rambut rontok dan ketombe membuat anda merasa tidak nyaman dengan keduanya, sebaiknya anda berusaha ekstra untuk menggali lebih dalam dan mencari tahu apakah keduanya terhubung atau ada alasan lain yang dapat Anda atasi.

Ini akan sangat berharga untuk rambut indah yang Anda rindukan!

« Previous Post
Next Post »