Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Berhenti Merokok?

Merokok adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah di Amerika Serikat. Sebagai pusat untuk pengendalian penyakit, ada lebih banyak orang yang kecanduan nikotin, unsur yang terdapat dalam rokok daripada zat yang lainnya.

Jika anda telah memutuskan untuk berhenti merokok, anda harus menyiapkan usaha serta waktu yang diperlukan. Tapi butuh waktu berapa lamakah sampai anda benar-benar berhenti merokok? Dan kenapa harus mencoba berhenti sama sekali? Berikut adalah jawabannya.

Mengapa Harus Berhenti?

Menurut American Heart Association, merokok dapat meningkatkan risiko gangguan kronis seperti aterosklerosis yang dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung koroner.

Pada kenyataannya, daftar rokok dan tembakau merupakan salah satu dari tujuh faktor risiko penyebab jantung koroner yang bisa dikontrol atau dikurangi.

Selain itu, jika anda merokok, kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan fisik juga akan melemah. Karbon monoksida yang dihasilkan ketika anda merokok akan terhirup dan menyebabkan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah akan menurun.

Merokok juga dapat menurunkan kadar HDL kolesterol baik dan kecenderungan darah membeku yang meningkat ketika anda merokok. Sekitar 90 persen dari semua kasus kanker paru-paru berhubungan dengan merokok.

Berhenti merokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung, penyakit paru-paru, kanker peru-paru dan banyak jenis kanker lainnya, stroke serta mandul.

Alasan terbesar untuk berhenti, yaitu karena ini baik untuk diri sendiri dan juga menghindari efek buruk untuk perokok pasif seperti orang-orang yang anda cintai yang bisa terkena dari kebiasaan buruk merokok anda.

Apa Yang Diakibatkan?

Apa yang membuat menghilangkan kebiasaan merokok itu sulit adalah kecanduan dari bahan kimia yaitu nikotin. Selain sangat adiktif, hal ini dapat merusak tubuh anda, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah serta penyempitan arteri.

Terlebih lagi zat kimia tetap hidup dalam tubuh anda selama 6-8 jam setelah anda merokok. Ketika anda mencoba berhenti merokok, anda akan cenderung mengalami gejala penarikan diri dengan kecanduan apapun.

Pilihan Anda

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membantu anda berhenti merokok. Dan berapa lama waktu yang anda habiskan untuk berhenti merokok tergantung pada komitmen anda untuk tetap dengan program ini, serta jenis pengobatan atau metode yang anda pilih untuk membantu anda berhenti.

Tapi kenapa harus bergantung? Tidak bisakah melakukannya dengan diri sendiri? Sementara beberapa orang mampu melakukannya dan berhasil, banyak yang berhenti tapi tidak berhasil dan mengatakan bahwa memiliki bantuan dari kelompok pendukung atau profesional membuatnya sangat berbeda.

Juga dibutuhkan sedikit kesabaran, jadi bersiaplah untuk proses yang lambat untuk berhenti. Hal ini mungkin tidak terjadi dalam semalam, dan anda bisa berjuang dari awal, jadi jangan takut untuk menerima bantuan.

Secara umum, selain berhenti sendiri, pilihan lain adalah :

  • Terapi Pengganti nikotin
  • Obat bebas nikotin seperti varenicline dan bupropion
  • Terapi prilaku
  • Individu, kelompok atau telpon konseling
  • Berhenti sendiri.

CDC menyarankan untuk menggunakan kombinasi antara konseling dan pengobatan daripada individu untuk bisa berhenti lebih baik.

Gejala Penarikan

Bersiaplah untuk mengalami gejala-gejala penarikan nikotin yang mencakup seperti mudah marah, kecemasan, kesulitan berpikir, kelaparan, kemarahan dan keinginan untuk produk-produk tembakau.

Diatas segalanya, sekali anda memutuskan untuk berhenti, anda harus tahu bahwa hal ini tidak akan mudah. Sebagian ahli menunjukkan, orang sering melakukan beberapa upaya untuk berhenti sebelum mereka benear-benar bisa untuk berhenti selamanya.

Gejala penarikan muncul dengan cepat hanya 2-3 jam dari ketika anda terakhir merokok untuk sebagian beberapa orang, terutama di kalangan mereka yang perokok berat atau telah dalam jangka waktu yang lama. Secara umum, gejala penarikan yang terburuk adalah sekitar 2-3 hari setelah terakhir merokok.

Metode Yang Bisa Dipilih Dan Faktor Waktu

1. Berhenti Sendiri

Beberapa orang memilih berhenti dengan kekuatan atas kemauan mereka sendiri dan itu tidak mudah. Anda bisa menghilangkan kebiasaan ini, tapi bersiaplah untuk sesuatu yang nantinya akan menjadi sangat sulit. Juga, seberapa lama anda dapat bergantung pada kekuatan anda sendiri.

Anda mungkin ingin berhenti dengan bantuan konselor atau kelompok sebaya yang bisa anda ajak bicara, seandainya kebutuhan itu muncul.

Meskipun ada beberapa orang yang berhasil melakukan hal ini sendirian, tapi tidak semua orang sama. Beberapa orang berjuang dan akhirnya berhasil dan banyak juga yang gagal. Anda hanya perlu memutuskan apakah ini cara yang tepat untuk anda.

2. Terapi Penggantian Nikotin

Terapi penggantian nikotin adalah program 8-12 minggu dimana anda menggunakan permen karet khusus, inhaler, pelega tenggorokan, strip oral, tablet, semprotan mulut atau hidung yang dapat melepaskan nikotin dalam jumlah yang dikendalikan.

Seiring waktu, dosis akan dikurangi dan akhirnya berhenti sama sekali. Membantu anda untuk mengurangi kecanduan.

3. Obat Non Nikotin

Anda dapat mencoba menyingkirkan kecanduan merokok dengan menggunakan varenicline atau bupropion, keduanya adalah resep obat.

  • Varenicline, tablet ini harus diminum selama 12 minggu dan dalam beberapa kasus yang lain sedikit lebih lama. Varenicline bertindak menahan keinginan dari nikotin dan menghalangi efek yang anda dapatkan dari merokok. Anda perlu minum pil ini 1-2 minggu sebelum anda benar-benar berhenti merokok.
  • Bupropion, jika anda meminum pil ini, proses akan berlangsung antara 7-9 minggu. Obat ini juga digunakan untuk mengobati depresi, diasumsikan bekerja pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk prilaku kecanduan.

4. Terapi Prilaku

Terapi prilaku kognitif (CBT) adalah bentuk intervensi psikologis yang juga dapat diterapkan untuk membantu orang berhenti merokok.

Ini paling baik digunakan dalam kombinasi dengan metode lain dan membantu untuk merubah bagaimana anda berpikir dan menetapkan prilaku pembelajaran baru yang membantu anda berhenti dan menjauhi rokok.

Dari pemahaman efek kesehatan yang negatif dari rokok untuk menyelidiki efek positif dari menjadi seorang tidak perokok dan membantu seseorang menemukan orang-orang dalam kehidupan mereka yang akan mendukung mereka melalui proses berhenti.

Teknik relaksasi untuk mengurangi stres atau kegiatan yang mengalihkan perhatian seperti membaca atau berbicara dengan teman. Pada umumnya, CBT berjalan selama 5-20 sesi yang dijadwalkan setiap minggu atau setiap dua minggu. Setiap sesi dijalankan sekitar setengah jam sampai satu jam.

5. Konseling

Efektivitas konseling dikatakan dapat meningkatkan intesitas pengobatan. Pelatihan keterampilan dan pemecahan, aspek praktis konseling, dikombinasikan dengan dukungan.

Seperti yang dikatakan oleh American Cancer Society, anda harus bisa menemukan kelas untuk berhenti merokok yang baik dari departemen kesehatan setempat. Program berhenti merokok biasanya berjalan selama 2 minggu, dengan minimal 4 sesi sekitar setengah jam masing-masing sesi.

« Previous Post
Next Post »