Buah-Buahan Terbaik Untuk Kulit Bercahaya

Seberapa sering anda melihat kulit seseorang yang sempurna dan bertanya-tanya bagaimana cara meraka mendapatkannya? Ada beberapa hal yang mempengaruhi seperti genetika, produk perawatan kulit tertentu, serta banyak mengkonsumsi buah-buahan dan air.

Anda tentu tidak bisa berbuat banyak jika hal ini terkait dengan gen. Sementara produk perawatan kulit sebagian besar mengandung bahan kimia. Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan buah-buahan yang bergizi sangat baik untuk kulit anda.

Daripada mengoleskan kulit dengan serum dan krim yang dibeli di toko, mengapa tidak mengubah fokus yaitu bersinar dari dalam?

Buah-buahan kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan dan fitokimia. Tidak hanya memberikan kesehatan secara kesluruhan namun juga berkontribusi membuat kulit sehat, bersinar dan tampak lebih muda, baik dimakan atau dioleskan secara langsung.

Beberapa buah-buahan bahkan melindungi anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Pada zaman sekarang paparan sinar UV yang tinggi, polusi lingkungan dan racun membuat kulit menderita dan stres. Berikut beberapa buah terbaik untuk membuat kulit anda tampak sehat dan bercahaya.

1. Gooseberry Untuk Melindungi Dari Sinar matahari Dan Antipenuaan

Buah asam ini adalah kaya akan sumber vitamin C. Faktanya, 90% dari isinya adalah vitamin C yang membuat kulit anda terlihat lebih muda. Buah ini sangat dihormati dalam budaya India dan Ayuverda karena dapat mengobati penyakit hati, ulkus lambung, gangguan metabolik serta membuat kulit dan rambut sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa India gooseberry efektif menghambat kerusakan akibat sinar matahari pada sel kulit manusia. Menurut penelitian pada wanita Amerika, diamati bahwa asupan vitamin C yang tinggi bersamaan dengan diet sehat yang rendah lemak dan karbohidrat dikaitkan dengan lebih rendahnya kemungkian mengalami kulit kering dan keriput.

Buah-buahan lain yang kaya akan vitamin C dengan efek serupa pada kulit juga termasuk seperti jambu, kiwi, pepaya, jeruk dan lainnya.

Cara Menggunakannya

India gooseberry ini bermanfaat ketika dioleskan atau dimakan secara langsung. Anda bisa memakannya di pagi hari untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga dapat meminumnya dengan membuat jus atau langsung dioleskan ke kulit.

Ini adalah vitamin C yang tinggi sebagai pencerah kulit, maka dapatkan kulit bercahaya dalam waktu yang singkat.

2. Semangka Untuk Kulit Halus Dan Lembut

Buah yang besar dan berair adalah mukjizat lain bagi kulit. Hal ini kaya dengan likopen, vitamin A, C dan kalium. Semangka bisa menjadikan kulit lembut dan bersinar. Menurut penelitian, ada hubungan yang signifikan antara kulit kasar dan konsentrasi likopen. Tingkat aktivitas antioksidan likopen yang lebih tinggi menyebabkan tingkat kekasaran kulit yang lebih rendah.

Cara Menggunakannya

Minum jus semangka setiap hari untuk meningkatkan vitamin pada kulit anda. Dan jangan dibuang ampasnya, anda bisa menggunakannya sebagai masker pada wajah anda.

3. Pepaya Untuk Kulit Sehat Dan Pembaharuan Kulit

Pepaya kaya akan vitamin C dan A serta magnesium dan karotenoid. Meskipun ada banyak sumber karotenoid seperti wortel dan tomat, penelitian mengungkapkan bahwa pepaya tiga kali lebih tinggi. Bioavailabilitas mengacu pada proporsi zat yang memasuki sirkulasi ketika diperkenalkan ke tubuh, sehingga memiliki efek aktif.

Menurut sebuah penelitian di Kaukasia, karotenoid berkontribusi terhadap pewarnaan kulit manusia normal khususnya warna kuning. Pepaya juga dikaitkan dengan perlindungan terhadap sinar matahari. Semakin tinggi konsentrasi karotenoid dalam jaringan, semakin besar perlindungan sinar matahari.

Cara Menggunakannya

Hancurkan pepaya dan oleskan pada wajah dan leher. Untuk meningkatkan manfaatnya pada kulit, anda juga dapat mencampurkan sedikit madu atau susu. Pepaya mentah dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru dan lebih sehat.

4. Pisang Untuk Kulit Jerawat Dan Bebas Kerut

Buah tropis berwarna kuning ini mudah ditemukan dan sangat berguna untuk dijadikan sebagai cemilan. Ini adalah salah satu buah yang mudah dimakan dan mengandung vitamin C, A dan B6, serat dan kalium. Kulit pisang mengandung antimikroba, membuatnya menjadi obat alami yang baik untuk kutil, gigitan nyamuk dan memar.

Pisang yang dihaluskan tidak hanya menjadi makanan yang bagus untuk bayi dan sebagai pelembab alami, tapi juga mampu menghilangakan garis-garis halus dan kerutan.

Kulit pisang juga berguna untuk melawan jerawat karena mengandung kalium tinggi dan antimikroba yang melawan bakteri pseudomonas staphylococcus. Ini dapat meminimalkan penyebaran bakteri dalam sel-sel kulit dan menyembuhkan jerawat serta bekasnya. Pisang juga mengandung vitamin C yang menghambat produksi melanin dan mencegah kulit menjadi gelap.

Cara Menggunakannya

Haluskan sekitar seperempat pisang dan oleskan pada wajah anda. Tunggu hingga 15-20 menit lalu cuci dengan air hangat setelah itu dengan air dingin, ini akan menjaga kulit tetap halus dan bebas kerut.

Untuk kulit bebas kerut dan mengurangi minyak berlebih pada kulit, haluskan sepotong kecil pisang dan campurkan sedikit fuller’s earth lalu oleskan pada wajah. Setelah kering, cuci dengan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Jika anda memiliki kulit kering, anda dapat menambahkan santan untuk campurannya. Asam lemak dalam kelapa sangat baik untuk menjaga agar kulit tidak keriput. Untuk kulit yang alergi, minum satu cangkir susu dengan campuran pisang yang dihaluskan ke dalamnya, 2-3 kali sehari.

Gosok dan rekatkan kulit pisang pada kulit Anda untuk mengobati kutil, buang setelah berubah menjadi hitam. Ulangi langkah ini dalam beberapa minggu untuk melihat peningkatan yang signifikan.

5. Strawberry Untuk Melawan Hiperpigmentasi Usia

Buah stroberi tidak hanya berlimpah antioksidan yang memperlambat penuaan, tapi juga memiliki cadangan vitamin C yang sangat besar untuk mencerahkan kulit. Strawberry mengandung polifenol antioksidan yang kuat dan antiinflamasi.

Menurut sebuah penelitian, strawberry dapat mengurangi kerusakan DNA dan memberikan bantuan dari radiasi Uv seperti hiperpigmentasi. Selain itu, vitamin C telah dikenal untuk meningkatkan produksi kolagen, perlindungan dari UVA dan UVB serta mencerahkan hiperpigmentasi, membuat strawberry juara dalam perawatan kulit.

Cara Menggunakannya

Anda dapat mengunyahnya untuk mendapatkan manfaat bagi seluruh tubuh Anda. Tetapi jika hanya untuk kesehatan kulit yang Anda inginkan, maka haluskan dan oleskan pada wajah Anda. Anda juga bisa mencampurkan walnut atau almond untuk membuat scrub wajah. Campurkan madu untuk membuat kulit lembut, kenyal dan bercahaya.

« Previous Post
Next Post »