Hal-Hal Berikut Ini Ternyata Dapat Merusak Kesehatan

“Kesehatan itu seperti uang, kita tidak pernah tau tentang nilainya sampai kita kehilangannya”. Menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting. Tapi sayangnya, sebagian besar dari kita terlalu sibuk dalam kehidupan pribadi dan profesional yang cenderung mengabaikan kesehatan.

Ingat bahwa kesehatan adalah hubungan antara anda dan tubuh anda, serta apapun yang anda lakukan dalam rutinitas harian anda akan memiliki dampak positif atau negatif pada kesehatan anda.

Dengan menghilangkan atau mengubah beberapa kebiasaan yang tidak baik, anda dapat menjaga tubuh anda tetap sehat, baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah 10 hal yang mungkin tidak anda ketahui ternyata dapat merusak kesehatan anda.

1. Tidak Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Jika jadwal anda yang sibuk mempengaruhi tidur anda setiap malam, segera ambil langkah-langkah untuk mengubah jadwal anda sehingga anda dapat menikmati tidur yang sangat diperlukan.

Menurut Yayasan tidur nasional, orang dewasa harus tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur selama 9-11 jam.

Kurang tidur terkait dengan menurunnya kekebalan tubuh serta banyak masalah kesehatan lainnya. Kurang tidur biasanya meningkatkan risiko infeksi dan kondisi kesehatan serius lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas.

Durasi tidur anda juga memiliki dampak langsung pada umur anda. Tidur siang yang singkat selama 20-30 menit juga diperlukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja, bahkan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun, tidur di siang hari tidak berarti bahwa anda dapat mengabaikan tidur di malam hari. Sebagai orang dewasa anda harus tetap mendapatkan tidur sebanyak 7-8 jam setiap malam.

2. Makanan Cepat Saji

Jika anda tidak memiliki waktu untuk memasak, membeli makanan cepat saji tampaknya seperti solusi terbaik. Tapi makanan cepat saji memiliki sedikit atau sama sekali tidak ada nilai gizi.

Sebaliknya, makanan ini dikemas dengan kalori yang berlebih seperti lemak, gula dan garam yang tidak baik untuk kesehatan anda.

Makanan yang tidak sehat akan memberikan beberapa masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, jantung, stroke, kolesterol tinggi, demensia dan beberapa jenis kanker yang terkait dengan makanan tidak sehat.

Selain itu, terlalu sering makan makanan cepat saji dapat menyebabkan kekurangan gizi pada tubuh. Untuk meningkatkan kesehatan anda, luangkan waktu untuk memasak makanan sendiri. Termasuk buah dan sayuran organik, makanan kaya serat, gandum, susu rendah lemak dan lemak sehat. Juga batasi asupan garam dan gula.

Sandwich gandum, oatmeal, smoothie, sup dan salad adalah beberapa hal mudah yang dapat anda persiapkan di rumah untuk dijadikan makan siang.

3. Menghilangkan Rasa Haus Dengan Soda Bukan Air

Banyak dari kita sering mengambil sekaleng soda daripada air putih untuk menghilangkan rasa haus tanpa menyadari betapa bahayanya hal ini.

Minuman soda manis meningkatkan risiko kelebihan berat badan, diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Diet soda juga ternyata tidak sehat, bukannya mengendalikan berat badan tapi malah akan merangsang nafsu makan dan gula.

Beberapa soda bahkan mengandung kafein yang membuat dehidrasi. Jadi, menghilangkan rasa haus dengan minuman soda bukanlah ide yang baik. Ketika merasa haus, pilihlah air biasa, ini adalah minuman terbaik untuk memuaskan rasa haus anda plus bebas kalori.

Sering kali, orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka tidak minum cukup air. Menurut Yayasan ginjal nasional, orang dewasa yang sehat harus minum air setidaknya 10-12 gelas air setiap hari untuk menjaga ginjal tetap sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik.

Bawa botol minum anda sendiri saat bekerja, anda juga bisa menikmati buah dan syuran yang kaya akan kandungan air untuk menjaga tubuh anda terhidrasi.

4. Menggunakan Ponsel Selama Berjam-Jam

Menggunakan ponsel secara berlebihan sudah menjadi kebiasaan umum, kebiasaan ini memiliki efek negatif yang signifikan pada kesehatan anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMC Public Health melaporkan bahwa stress, gejala depresi dan gangguan tidur dikaitkan dengan penggunaan ponsel yang tinggi pada kalangan dewasa berusia sekitar 20-24 selama 1 tahun.

5. Mengandalkan Obat Penghilang Rasa Sakit

Mengandalkan obat penghilang rasa sakit untuk menghilangkan nyeri dan sakit umum tampaknya tidak menjadi masalah serius tetapi memiliki banyak efek samping.

Meskipun ini membantu meringankan rasa sakit sementara, obat penghilang rasa sakit ini juga menyebabkan beberapa efek samping. Dapat menyebabkan gangguan pencernaan, merusak ginjal, hati atau fungsi jantung dan mengganggu kemampuan darah untuk membeku.

Selain itu, obat bius juga dapat menyebabkan kantuk dan sembelit serta menyebabkan ketergantungan. Anda bisa menggunakan solusi alami untuk menghilangkan rasa sakit seperti yoga, akupresure atau meditasi.

6. Menunda Buang Air Kecil Atau Besar

Ketika anda tenggelam dalam pekerjaan, melakukan sesuatu yang penting, mengemudi atau berpergian anda cenderung untuk menahan buang air kecil ataupun besar. Tetapi jika anda mengabaikan dorongan untuk harus segera ke toilet, anda membuat beban pada kandung kemih dan ginjal.

Menahan urin dalam jangka waktu yang panjang dan secara teratur dapat meningkatkan tekanan urin sehingga menyebabkan gagal ginjal, batu ginjal dan inkontinensia.

Ketika urin berada tetap di dalam kandung kemih dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan bakteri dalam urin berkembang biak yang mengakibatkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal.

Juga menunda untuk buang air besar merupakan kebiasaan buruk. Ketika tinja tetap dalam tubuh dalam waktu yang lama, usus akan menyerap cairan itu kembali ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan sembelit dan tinja keras.

7. Duduk Selama Berjam-jam

Terlepas apakah anda sedang duduk di depan komputer atau televisi, duduk dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan anda. Duduk dalam waktu yang lama tanpa mengambil istirahat dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk obesitas, dan sindrom metabolik.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology melaporkan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular. Hal ini bahkaan buruk bagi postur tubuh serta tulang dan sendi.

Untuk mengatasi dampak negatif dari duduk dalam waktu yang lama, beristirahatlah dengan teratur. Istirahat selama 10 menit setiap 1 jam anda duduk.

8. Selalu Menggunakan Lift

Jika anda hanya menggunakan tangga ketika lift tidak bekerja, maka anda perlu untuk berpikir dua kali. Manfaat kesehatan dari naik turun tangga sangat banyak, ini merupakan sebuah latihan gratis bagi mereka yang tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym.

Naik tangga baik untuk jantung anda, dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik. Dapat mengurangi ketegangan, melawan stres, menjaga berat badan dan menguatkan sendi.

Selain naik tangga, anda bisa berjalan selama 20 -30 menit setiap hari, menikmati latihan aerobik beberapa kali seminggu dan berenang atau bersepeda.

9. Terlalu Menghindari Sinar Matahari

Dengan meningkatnya kesadaran efek berbahaya dari sinar UV pada kulit, beberapa orang benar-benar menghindari sinar matahari. Sinar matahari juga diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of investigatif medicine melaporkan bahwa vitamin D penting bagi respon imun bawaan dan adatif.

Untuk membantu tubuh anda memproduksi vitamin D, nikmati sinar matahari pagi selama 10-15 menit setiap hari.

10. Berpikir Negatif Dan Stres

Berpikir negatif dan stres memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik serta psikologis. Emosi negatif menimbulkan hasil fisik yang negatif juga.

Stres kronis dapat merugikan kesehatan, karena dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur peradangan dan perkembangan penyakit.

Di sisi lain berpikir positif mambantu membuat fisik lebih baik dan kesejahteraan psikologis. Berpikir positif juga dapat meningkatkan rentang hidup anda. Anda bisa mencoba teknik relaksasi seperti pernapasan dan meditasi untuk membantu mendorong relaksasi dan mengelola stres.

« Previous Post
Next Post »