Makanan Yang Tidak Sehat Untuk Sarapan

Sarapan adalah makan yang paling penting bagi setiap orang dari segala usia dan sama pentingnya dalam memilih jenis makanan untuk dijadikan sarapan.

Sarapan yang sehat terkait dengan banyak manfaat, termasuk pengendalian berat badan, meningkatkan kinerja, metabolisme dan kosentrasi yang baik, serta kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan remaja melaporkan bahwa tren melewatkan sarapan meningkat saat remaja tumbuh dewasa terkait dengan peningkatan berat badan.

Makan sarapan yang tidak sehat sama buruknya seperti melewatkan sarapan. Jadi, rencanakan menu sarapan anda dengan benar dan sehat. Berikut adalah beberapa makanan untuk sarapan yang buruk untuk anda.

1. Sereal Manis

Sereal dianggap makanan sarapan yang ideal, tetapi anda perlu memilih yang terbaik. Di toko dibanjiri dengan sereal manis yang tidak sehat untuk tubuh anda.

Sereal ini enak karena mereka menambahkan gula dan rasa buatan. Ketika anda makan sereal ini, tubuh akan mengubah kalori ekstra gula menjadi lemak, sehingga meningkatkan risiko obesitas.

Selain itu, gula menyebabkan kadar gula darah meningkat, membuat anda merasa lapar lagi dan mulai menginginkan lebih banyak makan makanan yang tidak sehat, manis dan berlemak. Plus, pewarna makanan yang digunakan dalam sereal juga tidak sehat.

Pilih sarapan sereal dengan hati-hati, cari yang dibuat dari biji-bijian yang kaya akan serat sehingga membuat anda kenyang lebih lama. Antioksidan, vitamin dan mineral yang ditemukan dalam sereal gandum juga dapat melindungi dari masalah-masalah seperti obesitas, masalah pencernaan, kanker dan penyakit jantung.

2. Jus Buah

Masalahnya terletak pada jus buah-buahan yang diproses mengandung gula dan pengawet. Jus buah olahan rendah nilai gizi, kurang serat, enzim, mineral, antioksidan dan vitamin.

Bahkan, untuk mendapatkan sebagaian besar manfaat kesehatan dari buah-buahan, dianjurkan untuk memilih buah segar daripada jus buah olahan. Tidak seperti jus yang diserap dengan lebih cepat, buah-buahan yang kaya akan serat dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama sampai jam makan siang.

Memilih buah-buahan lebih baik daripada jus buah untuk menu sarapan yang sehat. Buah utuh akan memberikan tubuh anda dengan semua vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan. Beberapa pilihan buah lezat yang rendah kalori baik untuk sarapan seperti apel, pepaya, semangka dan anggur.

3. Daging

Memulai hari dengan daging dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker karena mengandung lemak jenuh, natrium, nitrat dan nitrit.

Menurut the Amrerican Heart Association, makan makanan lemak jenuh tinggi dapat meningkatkan kolesterol darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa asupan daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kanker usus besar, pankreas dan prostat.

Pastikan untuk makan sesuatu yang bergizi dan pertahankan sarapan untuk menjaga agar anda tetap berenergi sepanjang hari.

4. Bar Sereal

Bar sereal sering dianggap menjadi pilihan sarapan yang lezat dan sehat, tetapi pada kenyataanya beberapa dari mereka mengandung gizi yang buruk.

Kebanyakan bar sereal tinggi kalori, gula, lemak jenuh yang tidak sehat dan garam. Karena penuh dengan gula, bar sereal dicerna dengan cepat dan tidak memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Juga perlu perhatian khusus atas nilai gizi yang buruk pada sarapan yang ditujukan pada anak-anak.

Jika anda menjadikan bar sereal untuk sarapan, pilih yang mengandung biji-bijian yang dapat memberikan anda jumlah yang diinginkan untuk menghasilkan energi serta mengandung kalsium.

5. Donat

Banyak orang menikmati sarapan donat secara rutin, tetapi donat adalah salah satu sarapan terburuk. Ini mengandung penuh gula dan lemak trans.

Kadar gula tinggi akan meningkatkan tingkat gula darah dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan dari waktu ke waktu. Orang yang mengalami diabetes harus menghindari makanan manis ini sebanyak mungkin.

Donat yang terbuat dari tepung terigu, mengandung karbohidrat sederhana dan hampir tidak mengandung serat. Serat penting bagi kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol tingkat gula darah.

Selain donat, mufin dan kue-kue lainnya juga bukan pilihan yang baik untuk dijadikan sarapan. Bahkan segelas susu biasa adalah cara yang lebih baik untuk memulai hari anda.

6. Mie Instan

Bila anda memiliki jadwal pagi yang sibuk dan membutuhkan sesuatu yang mudah untuk dimasak serta lezat, mie instan sering menjadi jawabannya. Tetapi mie instan sama sekali tidak baik untuk kesehatan anda.

Dua pengawet utama yang digunakan dalam mie instan dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan anda. Selain itu, lilin yang digunakan dalam mie instan tidak tercerna dengan mudah dan memakan waktu minimal 3 hari untuk membuangnya dari tubuh anda.

7. Roti Tawar

Roti tawar adalah salah satu makanan yang terburuk yang dijadikan untuk sarapan. Roti tawar memiliki indeks glikemik tinggi karena terbuat dari biji-bijian olahan yang cepat diserap oleh pencernaan.

Hal ini menyebabkan gula darah dan insulin meningkat tajam. Roti tawar juga rendah kandungan serat, sehingga anda akan merasa lapar lagi sebelum waktu makan siang. Roti juga mengandung rendah nutrisi penting dan memiliki efek buruk pada kesehatan anda.

Ganti roti tawar dengan pilihan alternatif yang lebih sehat. Ketika membeli roti, pilih yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum. Roti ini mungkin sedikit lebih mahal daripada roti tawar, tapi ini lebih sehat untuk tubuh anda.

8. Pancake

Pancake umumnya dibuat dari tepung terigu, gula, natrium dan mentega sehingga ini tidak sehat. Dianjurkan untuk tidak memulai hari anda dengan makanan manis ini. Pancake tidak mengandung protein serta rendah serat sehingga membuat anda lapar lebih cepat.

Plus, gula dan sirup yang digunakan dalam pancake dengan cepat dapat meningkatkan gula darah dan kadar trigliserida yang berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan mentega yang digunakan dalam pancake tidak baik bagi jantung anda.

Mentega tinggi lemak jenuh dan ketika dimakan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Tapi anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sehat untuk membuat pancake, membuat adonan dengan biji-bijian dan tambahkan toping buah serta sayuran.

9. Yogurt Dengan Rasa Tambahan

Yogurt adalah sarapan yang tidak sehat lainnya karena adanya rasa tambahan mengandung gula dan sirup. Yogurt dengan rasa, rendah nilai gizi dibanding dengan yoghurt polos. Rendah kalium, protein, kalsium dan vitamin D.

Rasa lezat sebenarnya tidak berasal dari buah asli tetapi dari tinggi kadar gula, yang memberikan energi instan dan tidak ada nutrisi. Gula juga meningkatkan asupan kalori, sehingga akan menambah berat badan.

Pilihlah yogurt polos untuk sarapan karena mengandung sumber yang baik dari kalsium dan protein. Anda bisa membuat yogurt polos lebih lezat dengan menambahkan cincangan buah dan kacang-kacangan seperti apel, delima, berry, almond dan kenari.

10. Kopi

Bagi banyak orang secangkir kopi adalah cara yang lezat untuk meningkatkan suasana hati dan otak di pagi hari. Tapi kopi adalah hal yang seharusnya anda hindari dalam menu sarapan.

Creamer dan gula dalam secangkir kopi dapat menambahkan karbohidrat yang berlebih dan gula dalam tubuh. Ini tidak baik untuk kesehatan jantung anda. Anda bisa mecoba secangkir teh hijau yang baik untuk kesehatan anda.

« Previous Post
Next Post »