Mengatasi Kembung Selama Kehamilan Dengan Cara Ini

Pengalaman indah ketika hamil juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah yang memalukan, salah satunya adalah kembung atau gas. Banyak ibu hamil mengeluhkan masalah ini.

Ada beberapa penyebab pembentukan gas selama kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, salah satu faktor penyebab utama adalah peningkatan tingkat progesteron selama kehamilan. Hormon yang menyebabkan otot-otot seluruh tubuh anda bersantai.

Ketika otot-otot usus bersantai, maka pencernaan akan melambat yang memungkinkan terjadinya gas dan membuat kembung. Alasan lain di balik pembentukan gas selama kehamilan termasuk obesitas, aktivitas fisik yang rendah dan makan yang buruk.

Beberapa pengobatan rumahan yang sederhana dan efektif dapat membantu mengurangi gas selama kehamilan. Berikut adalah beberapa solusi rumah untuk mengatasi kembung selama kehamilan.

1. Menghindari Makanan Pembentuk Gas

Makanan yang anda makan memiliki dampak langsung pada jumlah gas yang anda alami, baik sedang hamil maupun tidak. Selama kehamilan, anda perlu makan seimbang, bergizi dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas dalam perut dan usus.

Beberapa makanan umum yang menyebabkan gas dan kembung termasuk kubis, kacang, kembang kol, brokoli, asparagus, pasta, roti, nasi putih, kentang dan pir. Jika anda sedikit alergi terhadap susu, hindari produk susu dan pilih alternatif lain seperti susu kedelai.

Pada saat yang sama, hindari makanan berlemak, berminyak atau digoreng. Makanan ini memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Juga hindari, soda karena dikemas dengan kalori kosong dan dapat menyebabkan gas.

2. Minum Banyak Cairan

Air adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah pembentukan gas. Fungsi pencernaan menjadi lebih baik ketika tubuh mendapatkan jumlah asupan yang cukup. Hal ini juga membantu mengusir gas dan mencegah terjadinya sembelit.

Hidrasi juga penting untuk kesehatan bayi. Minum sekitar 8-10 gelas air putih setiap hari. Juga, sertakan jus dalam makanan anda, cranberry, anggur, nenas dan jus heruk adalah beberapa contoh terbaik.

3. Makan Beberapa Serat

Meskipun makanan yang mengandung serat dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak gas, tapi makan makanan tinggi serat membantu memastikan bahwa Anda memiliki gerakan usus yang teratur. Ini membantu mencegah sembelit dan kelebihan gas selama kehamilan.

Serat membawa air ke dalam usus, melunakkan tinja dan memudahkannya untuk dibuang. Masukkan 25-30 gram serat tinggi ke dalam diet harian anda. Anda bisa memakan plum, pisang, gandum dan biji rami untuk meningkatkan asupan serat.

4. Tetap Aktif

Hamil tidak berarti anda terus berbaring di tempat tidur dan beristirahat sepanjang waktu, ini dapat memperburuk masalah gas. Olahraga secara teratur selama kehamilan bermanfaat untuk mengurangi pembentukan kelebihan gas.

Olahraga ringan dapat membantu pencernaan, membuat makanan bergerak melalui saluran usus lebih cepat dan hanya menghasilkan sedikit gas. Olahraga juga mencegah kenaikan berat badan selama kehamilan, membantu meningkatkan metabolisme glukosa dan mengurangi resistensi insulin.

5. Melakukan Yoga

Berlatih yoga dapat memberikan bantuan pada gas selama kehamilan. Salah satu yang terbaik dari pose yoga adalah cow pose. Pose yoga ini membantu membuka dada dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang.

Bahkan memberikan pijatan lembut ke organ-organ tulang belakang dan perut bermanfaat selama kehamilan. Pose ini juga sering dipasangkan dengan cat pose, tapi selama hamil sebaiknya anda menggunakan hanya cow pose.

Beberapa pose yoga lain yang bermanfaat untuk mengurangi rasa kembung dan gas yang menyakitkan adalah Side Angle pose, Triangle pose, Sitting Side Stretch, Wind Relieving pose and Child’s pose.

Perhatian: Sebelum melakukan yoga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Minum Buttermilk

Buttermilk adalah obat rumahan yang bagus untuk gas selama kehamilan, tapi ini harus dihindari bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa.

Ini membantu mendorong pencernaan dan demikian dapat mencegah gangguan pencernaan dan gas yang berlebihan karena kaya akan mikroba probiotik.

7. Minum Teh Chamomile

Chamomile mencegah pembentukan gas dengan mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin dari dinding perut. Chamomile dapat memberikan bantuan instan terhadap masalah gas. Juga membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

8. Infused Water Fenugreek

Fenugreek mengandung banyak serat larut yang menyerap air di usus dan membantu meringankan sembelit serta mencegah pembentukan gas selama kehamilan.

  • Masukan 2 sendok biji fenugreek ke dalam secangkir air, rendam semalaman.
  • Keesokan paginya, minum saat perut kosong.

9. Memakai Pakaian Longgar

Pakaian yang anda kenakan selama kehamilan juga dapat memainkan peran utama dalam mengurangi gas. Misalnya, Pakaian ketat di sekitar pinggang Anda dapat semakin mempersempit sistem pencernaan yang sudah penuh sesak oleh rahim Anda yang semakin besar.

Hal ini juga dapat memperlambat sirkulasi dalam tubuh dan memperburuk masalah gas. Jadi, jika anda mengenakan celana atau rok yang menyebabkan bilur-bilur di kulit anda, ganti dengan memakai sesuatu yang longgar.

Pakaian longgar tidak akan menempatkan setiap tekanan ekstra pada perut dan juga akan memungkinkan pergerakan bebas dari gas dalam tubuh.

10. Makan Makanan Kecil

Trik sederhana yang lain untuk menghindari pembentukan kelebihan gas selama kehamilan adalah dengan makan makanan kecil. Daripada memiliki tiga porsi makan berat, maka bagi makanan Anda lima sampai tujuh makanan kecil sepanjang hari.

Cara Anda memakan makanan Anda juga dapat mempengaruhi berapa banyak gas yang dihasilkan. Kunyah makanan dengan benar. Makan dengan terburu-buru dapat menyebabkan pembentukan gas lebih cepat di perut.

Juga, hindari berbaring ketika makan. Selalu makan makanan Anda dalam posisi duduk dan hindari berbaring setelah makan untuk menghindari pembentukan gas dan sembelit.

« Previous Post
Next Post »