Mengobati Migrain Dengan Minyak Essensial

Migrain merupakan salah satu sakit kepala yang paling menyakitkan yang dapat anda alami. Sakit parah biasanya terjadi di satu sisi kepala. Beberapa orang menggambarkannya sebagai perasaan “berdebar” dan itu bisa menjadi lebih buruk.

Dalam beberapa kasus, anda akan mengalami rasa sakit di kedua sisi kepala. Gejala umum lainnya termasuk sakit mata, kepekaan terhadap cahaya atau suara, mual dan muntah. Penyebab pasti dari migrain tidak diketahui, tetapi ini dapat dipicu oleh banyak faktor seperti perubahan hormon, stres rangsangan yang kuat seperti suara keras dan makanan tertentu.

Sakit kepala migrain biasanya berlangsung dari 4-72 jam dan bervariasi dalam frekuensi dari setiap hari hingga kurang dari sekali per tahun. Di AS, lebih dari 37 juta orang menderita migrain. Menurut laporan American Headache Society, prevalensi sakit kepala migrain tinggi, mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 7 orang setiap tahun.

Migrain dan Sakit kepala adalah penyebab utama kunjungan rawat jalan dan kunjungan gawat darurat dan tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat yang penting, khususnya di kalangan wanita selama masa reproduksi mereka

Untuk berurusan dengan migrain, banyak yang sering memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan umum yang tersedia di pasaran. Daripada mengkonsumsi obat-obatan, anda dapat menggunakan minyak esensial untuk meringankan migrain.

Berikut adalah beberapa minyak esensial yang dapat anda gunakan untuk mengobati migrain. Tapi berhati-hati bagi ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan setiap minyak esensial.

1. Minyak Esensial Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu yang paling umum digunakan dalam minyak essensial untuk mengobati rasa sakit kepala migrain. Mengandung mentol, yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan merilekskan otot-otot.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Frontiers in Neurology menemukan bahwa gel topikal dengan 6 persen mentol menurunkan intensitas rasa sakit setelah 2 jam. Penelitian lainnya yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of tropis biomedik menyarankan bahwa minyak peppermint dapat berfungsi untuk sakit kepala.

Minyak peppermint juga dapat membantu meredakan mual yang terkait dengan sakit kepala migrain.

  • Tuangkan 2-3 tetes minyak peppermint dengan 1-2 sendok teh minyak kelapa dan gosokkan pada bahu, dahi dan bagian belakang leher.
  • Juga dapat ditaruh dalam diffuser agar minyak menyebar ke seluruh ruangan.

2. Minyak Esensial Lavender

Minyak lavender juga membantu meringankan sakit kepala dan migrain, karena sifat antiinflamasi serta melebarkan pembuluh darah. Ini bahkan meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres, yaitu dua pemicu utama dari serangan migrain.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Neurology Eropa menunjukkan bahwa menghirup minyak esensial lavender merupakan modalitas pengobatan yang efektif dan aman dalam manajemen akut sakit kepala migrain.

Penelitian yang diterbitkan dalam Pelengkap Berbasis Bukti dan Alternatif juga menunjukkan bahwa menghirup minyak esensial lavender adalah modalitas pengobatan yang efektif dan aman dalam pengelolaan akut migrain.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Herbal melaporkan bahwa peserta yang menggunakan minyak lavender selama 3 bulan melaporkan mengalami penurunan dalam frekuensi dan tingkat keparahan migrain.

  • Tambahkan 5-10 tetes minyak lavender ke dalam semangkuk air hangat. Lalu anda menghadap ke atas mangkuk dan ambil napas dalam-dalam untuk menghirup uap untuk mengurangi rasa sakit kepala.
  • Anda juga dapat menggunakan beberapa tetes minyak lavender untuk memijat daerah belakang telinga dan belakang leher.

3. Minyak Esensial Eucalyptus

Minyak esensial eucalyptus secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai jenis sakit kepala, termasuk yang dialami penderita migrain. Minyak esensial ini bekerja paling baik terhadap serangan migrain yang disebabkan oleh sinisitis kronis.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine, bahwa menghirup minyak kayu putih memiliki efek penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi.

  • Campurkan 1 tetes minyak eucalyptus dengan 1 sendok teh minyak pembawa seperti kelapa atau zaitun dan oleskan pada dahi serta dada.
  • Selain itu, tambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam semangkuk besar air panas dan hirup uapnya.
  • Anda juga dapat menaruh beberapa tetes minyak eucalyptus pada sapu tangan dan menghirup baunya setiap saat.

4. Minyak Esensial Chamomile

Minyak ini juga sangat bermanfaat untuk membantu sakit migrain. Sifat antiinflamasi dalam minyak esensial chamomile dapat membantu mengurangi sakit kepala migrain. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses bahwa chamomile adalah obat yang baru untuk menghilangkan sakit migrain.

Ini juga membantu bersantai dan memperbaiki beberapa gejala kecemasan dan stres, yang pada gilirannya dapat membantu mengobati sakit kepala anda.

  • Tuangkan beberapa tetes minyak esensial chamomile dengan 1-2 sendok teh minyak pembawa gunakan untuk memijit dahi.
  • Juga, taruh beberapa tetes minyak esensial chamomile dalam semangkuk air panas dan hirup uapnya.

5. Minyak Esensial Rosemary

Ini membantu mengobati sakit kepala karena sifat merangsang, anti-inflamasi dan analgesik. Memiliki efek menenangkan pada tubuh dan membantu mengurangi stres dan insomnia, pemicu umum yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa minyak esensial rosemary memiliki sifat antiinflamasi dan pereda rasa sakit.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Food Chemistry melaporkan bahwa rosemary telah secara tradisional digunakan sebagai obat untuk mengobati sakit kepala, karena sifat antiinflamasi dan menghilangkan nyeri.

  • Tambahkan 1-2 tetes minyak rosemary ke dalam secangkir teh, air atau sup dan minum ketika anda mengalami serangan migrain.
  • Juga, anda dapat mencampur 2 tetes minyak rosemarry dengan 2 tetes minyak peppermint dan 1 sendok teh minyak kelapa. Gunakan untuk memijit dahi dan bagian belakang leher anda.
« Previous Post
Next Post »