Minum Susu Dapat Membuat Lebih Tinggi. Fakta Atau Mitos?

“Minum susumu atau kau tidak akan tinggi dan kuat!” Kenangan masa kecil kita tidak akan lengkap tanpa kata-kata seperti itu yang selalu diucapkan oleh ibu.

Susu merupakan minuman yang mudah untuk dikonsumsi dan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh, berapa banyak peran yang dilakukannya dalam membantu menentukan tinggi badan anda? Dapatkah minum susu bisa membantu lebih tinggi termasuk untuk orang dewasa?

Berikut beberapa penjelasannya.

Susu Dapat Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan Hanya Sampai Usia 20

Jika anda telah dewasa maka pertumbuhan anda sudah terhenti, tidak peduli sebanyak apapun jumlah susu yang anda minum maka tidak akan membuat anda lebih tinggi. Namun, jika anda masih anak-anak, remaja atau masih berumur 20 tahunan maka minum susu masih bisa membantu anda untuk menambah tinggi badan.

Asupan susu secara positif dapat mempengaruhi pertambahan tinggi badan pada anak-anak masa pubertas. Studi yang dilakukan pada usia prapubertas menemukan bahwa orang-orang yang mngkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium memiliki penambahan badan sekitar 2,5 cm selama 3 tahun.

Tinggi badan anda adalah hasil dari pertumbuhan tulang anda. Studi lain juga menunjukan bahwa asupan harian susu dapat membantu secara signifikan meningkatkan kepadatan mineral tulang, membantu pembentukan tulang dan menahan kehilangan massa tulang.

Gizi Masa Kanak-Kanak Menentukan 20-40 Persen Dari Tinggi Anda

Nutrisi saja tidak menentukan tinggi badan anda, tapi yang pasti ini juga merupakan salah satu faktor penentu. Bahwa sebanyak 20-40 persen dari tinggi badan anda ditentukan oleh faktor non-genetik, yaitu gizi.

Sebagian besar anak-anak yang kekurangan gizi dan terlalu kurus cenderung lebih pendek daripada yang lainnya. Hal ini penting untuk membangun massa tulang yang kuat di masa kanak-kanak untuk melihat pertumbuhan termasuk tinggi badan anda saat dewasa.

Diet gizi seimbang mencakup cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral di samping asupan kalori yang cukup.

Susu Mengandung Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Tulang

Saat mengkonsumsi susu maka anda tidak dapat mengesampingkan faktor genetik dan faktor lingkungan lainnya seperti obat-obatan atau masalah kesehatan seperti kadar hormon pertumbuhan yang rendah. Namun hal ini dapat mencegah anda kehilangan tinggi karena kekurangan gizi pada masa kanak-kanak.

Secara khusus, pertumbuhan yang sehat dan normal dengan potensi genetik lengkap, anda memerlukan pasokan protein yang tepat dalam makanan anda. Selain itu, vitamin A, D dan mineral kalsium mempengaruhi seberapa tinggi anda akan tumbuh.

Vitamin A membantu pertumbuhan tulang, sementara vitamin D membantu menjaga tulang kuat. Susu dan produk yang mengandung susu lainnya juga sumber kalsium yang merupakan pertahanan utama untuk tulang anda.

Pada dasarnya susu menggabungkan semua nutrisi penting yang anda butuhkan untuk tumbuh. Susu tanpa lemak dan rendah lemak mengandung sedikit vitamin, sehingga membatasi penargetan asupan yang lebih tinggi.

Benarkah Hanya Susu Yang Memiliki Nutrisi Ini?

Tidak. Tapi ini cara termudah untuk mendapatkan kombinasi dari nutrisi yang anda butuhkan dengan cepat dan mudah.

Misalnya, anda perlu kombinasi protein dari kacang-kacangan, tahu, unggas, telur dan daging. Untuk vitamin A seperti bayam, ubi, paprika merah, wortel, hati sapi dan telur. Dan untuk vitamin D anda perlu mendapatkan sinar matahari plus meningkatkan asupan makanan ikan berlemak, telur dan keju.

Kalsium dengan mengkonsumsi ikan, sereal, sayuran dan yogurt. Sebagian besar makanan ini bahkan harus dimasak dulu untuk mendapatkan nutrisinya.

Sementara susu, mudah untuk mendapatkannya serta tidak memiliki persiapan apapun, anda bisa langsung meminumnya untuk mendapatkan semua nutrisi tersebut. Jika anda seorang vegatarian, maka anda perlu melakukan upaya tambahan untuk memadukan makanan sehat agar mendapatkan nutrisi ini.

Susu Lebih Baik Daripada Susu Pengganti

Tidak semua susu dibuat sama. Sebuah studi telah menemukan, mengganti susu dengan susu pengganti dapat memberi dampak buruk pada tinggi badan anda. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi susu sapi dapat menambah tinggi daripada mengkonsumsi susu kedelai atau susu almond.

Misalnya, bayi yang berusia sekitar 3-4 bulan minum susu pengganti, maka akan membuat dia sekitar setengah inci lebih pendek daripada bayi yang minum susu sapi dalam jumlah yang sama setiap hari.

Mengapa ada perbedaan? Karena susu pengganti mengandung sedikit protein dan lemak, yang berati sedikit nutrisi yang dapat mendukung untuk pertumbuhan tinggi badan.

Ingat! 60-80 Persen Tinggi Badan Tergantung Genetika

Gizi memang memiliki peran dalam hal ini, tapi tidak yang paling utama. Gen anda adalah faktor utama dalam menentukan pertumbuhan tinggi. Bahkan menurut beberapa peneliti, 60-80 persen dari pertumbuhan tinggi badan disebabkan oleh faktor genetika. Dan yang lainnya mengatakan 70-90 persen.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa 60.000 varian genetik yang terhubung dengan tinggi badan, sekitar 900 diantaranya dapat mempengaruhi perkembangan dan tinggi tulang.

Gen, Hormon, Kesehatan Dan Obat-obatan Juga Mempengaruhi

Selain genetika dan nutrisi, beberapa faktor-faktor lain memainkan peran penting dalam menentukan tinggi badan. Pada pertumbuhan anak, ketidakseimbangan hormon seperti kekurangan hormon pertumbuhan atau tingkat tiroid yang rendah juga dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Memiliki penyakit kronis seperti penyakit celiac di masa kanak-kanak yang tidak diobati, radang sendi yang parah dan kanker dapat menyebabkan seorang anak menjadi lebih pendek daripada yang seharusnya.

Sindrom tertentu juga dapat menyebabkan pengaruh pada tinggi badan. Sebagai contoh, sindrom marfan membuat anda tumbuh lebih tinggi dan sindrom turner membuat anda tumbuh lebih pendek dari yang seharusnya.

Mengkonsumsi obat seperti kortikosteroid dalam jangka waktu yang lama juga dapat memperlambat pertumbuhan tinggi badan.

Nah, bagaimana apakah anda masih malas untuk meminum susu? Jika anda masih remaja maka mulai sekarang rajinlah untuk meminum susu, agar tulang anda sehat dan mendapatkan tinggi badan yang proposional.

Bagi anda yang sudah dewasa, harus tetap minum susu juga donk, untuk menjaga tulang tetap kuat dan padat agar terhindar dari kerusakan tulang.

« Previous Post
Next Post »