Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Semua orang tahu bahwa berolahraga adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, banyak orang yang tidak melakukan olahraga, terutama mereka yang memiliki jadwal sibuk.

Kurangnya waktu tidak boleh menjadi alasan untuk tidak menjalani gaya hidup sehat, karena dapat menyebabkan obesitas, masalah jantung dan masalah kesehatan lainnya. Jika anda tidak punya waktu untuk pergi gym atau latihan lain, ada cara agar menjaga tubuh anda tetap bergerak. Mulai lakukan pekerjaan rumah tangga!

Anda dapat membakar kalori dengan melakukan kegiatan sehari-hari. Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada beberapa faktor seperti jenis kegiatan, kecepatan dan intensitas. Pekerjaan rumah tangga adalah cara yang bagus untuk membakar kalori.

1. Membersihkan Dan Merapikan Rumah

Merapikan dan memelihara rumah tangga adalah latihan tersendiri. Mendedikasikan satu jam sehari untuk merapikan rumah di mulai dari tempat tidur, membersihkan setiap celah dan sudut lemari, merapikan hal-hal yang berceceran di lantai dan meletakkannya kembali ke tempat semula.

Membersihkan debu selama 10 menit dapat membantu otot lengan atas dan bawah. Juga, saat menggunakan vakum dimana anda akan menekuk lutut ke depan saat mendorong vakum selama 15-20 menit untuk otot paha dan pinggul.

Pada akhir pekan, anda bisa menghabiskan sebagian waktu untuk membersihkan jendela dan pintu. Menggunakan tangan kanan dan kiri serta angkat setinggi mungkin untuk melatih otot perut dan punggung bawah Anda.

2. Menyapu Dan Mengepel lantai

Menyapu dan mengepel dapat memperkuat lengan dan kaki anda, membantu membakar beberapa kalori. Serta bermanfaat juga bagi pinggang anda.

Membungkuk dan peregangan ketika anda menyapu dan mengepel lantai berubah menjadi aktivitas latihan aerobik. Hanya 1 jam mengepel lantai dan memeras dalam ember dapat membantu membakar kalori.

3. Mencuci Pakaian

Mencuci, mengangkat, menyetrika dan melipat pakaian membutuhkan jumlah energi yang bagus. Daripada meletakkan semua pakaian anda ke dalam mesin cuci, lakukan pencucian dengan tangan setiap minggu. Isi ember dengan air, deterjen dan pakaian kotor.

Rendam beberapa menit dan anda bisa menguceknya selanjutnya bilas dengan air bersih lalu peras dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering. Ini memberikan latihan lengan dan tangan yang bagus.

Ketika pakaian kering, anda bisa menyetrikanya. Berdiri lurus di papan setrika dan tekan dengan kuat setrika pada pakaian anda. Ini akan membantu otot-otot tubuh bagian atas.

4. Berkebun

Menurut Pusat Pengendalian dan pencegahan penyakit, anda dapat membakar hingga 330 kalori hanya dalam 1 jam kerja ringan di kebun. Ketika anda menggali tanah, mencampur kompos dan menyiram tanaman, anda menggunakan tubuh atas dan bawah.

Seringnya berdiri dan jongkok adalah postur yang baik untuk kesehatan. Ini membantu otot-otot betis, paha, lengan dan bahu. Selain itu, berkebun dapat meningkatkan denyut jantung dan memperkuat sistem kardiovaskular anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Public Health menemukan bahwa dua tukang kebun, perempuan dan laki-laki secara signifikan lebih rendah indeks massa tubuh (BMI) dibandingkan dengan tetangga mereka yang tidak berkebun.

5. Menyapu Halaman

Menyapu daun selama 30 menit dapat membantu membakar lebih dari 200 kalori. Menyapu pada kecepatan yang secara terus menerus sehingga menyebabkan anda berkeringat dan bernapas lebih berat dari biasanya. Namun hati-hati, jaga punggung tetap tegak untuk mencegah ketegangan punggung bawah.

Menyapu halaman juga membantu semua otot utama dalam tubuh anda. Selalu menyapu halaman, memotong rumput dengan pemotong rumput adalah kegiatan lainnya yang dapat membakar kalori.

6. Mencuci Mobil

Mencuci mobil secara manual selama 30 menit dapat membakar sekitar 150 kalori. Kegiatan seperti membilas mobil dengan air, menggosok pemukaan untuk menghilangkan kotoran, menggososk setiap bagian dengan spons dan membilas bersih dari sabun memerlukan sejumlah besar waktu dan energi.

Hal ini membuat lengan, kaki, otot inti dan otot perut bekerja, karena gerakan-gerakan yang dilakukan. Cobalah untuk mencuci mobil anda sendiri setiap minggu. Anda hanya perlu spons, deterjen cair yang ringan, air dan ember.

7. Mengecat Rumah

Mengecat melibatkan banyak gerakan, anda jelas tidak bisa duduk di satu tempat saat sedang mengecat. Anda akan berdiri, berjongkok, duduk, membungkuk sekaligus membawa seember cat. Anda juga harus memindahkan beberapa furniture dari dinding.

Anda bisa mengecat menggunakan kuas atau rol, keduanya dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Jadi, jika anda mngecat kamar selama satu jam, itu adalah latihan besar bagi seluruh tubuh anda termasuk mengencangkan lengan, dan memperkuat otot inti.

Aktivitas yang lebih berat seperti memasang karpet atau refinishing furniture juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa melakukan dekorasi ulang rumah anda tanpa memperkerjakan siapapun dengan hanya melakukannya sendiri.

8. Memasak

Memasak adalah kebiasaan sehat. Ini akan membantu anda untuk memeriksa asupan kalori dan membuat memasak menjadi sesi olahraga.

Mengupas, memotong, mengaduk dan melakukan hal yang perlu Anda lakukan akan membantu membakar kalori anda. Untuk olahraga yang intens, anda dapat mulai membuat roti anda sendiri, menguleni adonan adalah kerja keras.

Juga mencuci piring dengan tangan akan membantu otot lengan anda. Ketika akan pergi berbelanja sebaiknya jangan menggunakan kendaraan, anda bisa berjalan untuk membeli kebutuhan memasak anda. Membawa tas belanja selama 30 menit merupakan latihan yang baik.

Pastikan untuk selalu mendistribusikan beban secara merata di setiap tangan, atau bergantian secara berkala.

« Previous Post
Next Post »