Pengobatan Dan Pencegahan Bintik Hitam Akibat Matahari

Noda hitam akibat sinar matahari atau usia sering dianggap sebagai konsekuensi yang tak terelakkan dari penuaan. Tapi tidak harus demikian, dengan sedikit perawatan ekstra anda dapat melindungi kulit anda dan membatasi kerusakan dan menurunkan kemungkinan terjadinya noda akibat matahari.

Perawatan dan pengobatan alami serta beberapa perubahan gaya hidup dapat membuat perbedaan yang nyata.

Apa Itu Noda Hitam?

Noda hitam atau bintik matahari dapat terjadi pada kulit dari waktu ke waktu dikarenakan terkena sinar matahari. Ini cenderung terjadi pada lengan dan wajah yang lebih sering terpapar radiasi dari sinar matahari.

Bintik-bintik ini biasanya banyak muncul di kemudian hari yang Juga disebut lentigin matahari. Noda hitam ini berwarna cokelat dan lebih besar daripada bintik-bintik pada umumnya. Anda terkadang bisa mengembangkan keratosis aktinik atau keratosis matahari, bercak bersisik dan kering pada kulit.

Bintik ini bisa berwarna cokelat, merah atau pink bahkan bagian kulit yang terkena menjadi sangat tebal. Keratosis matahari dapat diukur dari beberapa milimeter sampai beberapa sentimeter.

Pilihan Pengobatan Utama Untuk Noda Hitam

Krim pemutih komersial banyak diproduksi untuk membantu meringankan bintik hitam. Namun, ini hanya memberikan hasil beragam dengan efek yang hanya sementara.

Ini berarti bahwa anda harus terus menerus membeli produk ini serta terus menggunakan bahan kimia pada kulit anda. Sebaliknya ada beberapa alternatif bahan alami yang ampuh mengobati noda hitam.

Metode lain juga populer bagi mereka yang ingin menyingkirkan noda hitam, seperti:

  • Laser resurfacing
  • Terapi peremajaan dengan cahaya berdenyut intens
  • Pengelupasan kimia atau mikrodermabrasi untuk mengelupas lapisan kulit paling atas.

Metode ini paling baik digunakan bersama perawatan pencegahan seperti mengambil vitamin dan menggunakan tabir surya, juga ditambah dengan merubah gaya hidup.

Pengobatan Konvensional Untuk Aktinat Keratosis

Dengan aktinat keratosis, pengobatan utama biasanya direkomendasikan karena kemungkinan mereka berkembang menjadi kanker kulit. Bahkan jika anda memutuskan untuk menunggu dan melihat apakah noda akan hilang dengan sendirinya.

Anda harus waspada terutama terhadap tanda-tanda seperti pembentukan ulkus, pendarahan atau pertumbuhan noda secara tiba-tiba. Pilihan pengobatan konvensional meliputi:

1. Pilihan Bedah

Cryotherapy dimana jaringan secara harfiah dibekukan menggunakan nitrogen cair sehingga sel-sel dapat secara khusus ditargetkan untuk operasi laser menggunakan cahaya yang kuat untuk menguapkan jaringan yang dipengaruhi dan dikeringkan di mana lesi yang tergores atau dicukur dengan panas yang digunakan untuk menghentikan pendarahan.

2. Pengobatan Topikal

Ketika ada beberapa bercak yang memerlukan pengobatan, gel atau krim dapat diterapkan dan memiliki sedikit atau tidak ada risiko menyebabkan bekas luka. Selain itu, chemical peeling juga dapat digunakan untuk menghilangkan lapisan kulit yang mengalami noda hitam.

3. Terapi photodynamic (PDT)

Agen topikal yang peka terhadap cahaya diterapkan pada lesi setelah cahaya kuat yang difokuskan pada area membantu mengaktifkan agen. Hanya Aktinat Keratosis yang dihancurkan dan jaringan di sekitarnya aman. Sinar matahari dapat digunakan sebagai sumber cahaya alternatif.

Mencegah Noda Hitam

Orang-orang yang berkulit terang atau putih rentan terhadap sinar matahari sehingga lebih mudah mengalami noda hitam. Namun, setiap orang harus berhati-hati saat keluar dan di bawah sinar matahari.

1. Menggunakan Tabir Surya

Selalu gunakan tabir surya dengan SPF minimal spf 15 atau pelindung matahari lainnya saat berada di luar ruangan. Tabir surya spektrum luas menawarkan perlindungan terhadap sinar ultraviolet jenis yang sangat ideal.

2. Hindari Beraktivitas Di luar Ruangan

Sebaiknya anda mengurangi bahkan menghindari beraktivitas di luar ruangan di antara jam 11-3 siang. menggunakan mobil saat hendak keluar dan hindari paparan langsung dari matahari. Karena saat waktu siang adalah sinar matahari terkuat yang sangat tidak baik untuk kulit anda.

3. Menutupi

Cara sederhana namun efektif untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menutupi lengan dan kaki ketika berada di luar ruangan. Gunakan topi besar untuk melindungi wajah anda.

Menyingkirkan Noda Hitam Secara Alami

Ini adalah beberapa perawatan rumahan dan pengobatan alami untuk mengatasi noda hitam akibat sinar matahari. Sebagian besar bukti bersifat anekdot, sehingga hasilnya dapat bervariasi tergantung pada seberapa gelap bintik-bintik dan respons individu terhadap obat tersebut.

Jika anda memiliki kulit sensitif atau alergi yang dapat menyebabkan ruam, hindari menggunakan metode ini. Selalu lakukan tes pada kulit tangan untuk memastikan anda tidak alergi sebelum menggunakannya di seluruh tubuh dan noda hitam.

1. Pepaya

Kulit pepaya hijau dapat digunakan untuk mengobati noda hitam. Sisi kulit bagian dalam di gosokkan pada kulit yang terkena dengan lembut.

2. Lemon Dan Agen Pemutih Alami Lainnya

Pencerah kulit dengan agen pemutih alami seperti lemon dengan menggosok kulit lemon pada wajah dan kulit akan memudarkan noda hitam dan penuaan. Agen alami lainnya termasuk timun, anggur hijau, susu, dan strawbery dapat dioleskan dengan lembut pada wajah.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai obat alami untuk berbagai maalah kulit. Gel yang memberikan efek menenangkan dan mendinginkan ketika dioleskan pada kulit yang rusak tidak hanya menyembuhkan tetapi juga membantu menghilangkan noda hitam.

4. Vitamin C Dan E

Antioksidan dikenal untuk membantu kerusakan radikal bebas dan faktor stres oksidatif yang bertanggung jawab atas penuaan kulit dan menyebabkan kerusakan seperti noda hitam.

Itulah sebabnya mengapa vitamin C dan E disarankan untuk dikonsumsi serta digunakan untuk mengobati noda hitam. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk, pepaya, nenas, strawbery, bayam, brokoli, kentang dan tomat.

Kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau dan minyak sayur yang mengandung vitamin E.

5. Teh Hijau

Teh hijau sebagai pengobatan topikal juga sangat disarankan. Cukup hanya menyeduh teh dan gunakan kapas lalu oleskan pada noda hitam di wajah anda. Manfaat antiinflamasi dan antioksidan dapat membantu mengobati kerusakan akibat sinar matahari pada kulit.

6. Yogurt

Asam alami dalam yogurt, sama seperti yogurt dapat membantu menghilangkan lapisan atas kulit yang bertindak sebagai pengelupasan kulit alami. Kulit baru yang segar di bawahnya akan muncul dan noda hitam terkelupas dengan kulit mati.

Cukup aplikasikan ke wajah secara langsung dan biarkan beberapa saat. Tambahkan oatmeal untuk dijadikan sebagai scrub dan singkirkan lapisan kulit mati serta kerusakan akibat sinar matahari. Lakukan dengan lembut.

« Previous Post
Next Post »