Perbedaan Lada Putih Vs Lada Hitam, Serta Manfaatnya

Lada dianggap sebagai rempah-rempah ajaib yang telah digunakan selama lebih dari 4.000 tahun. Namun sekarang lada sudah menjadi rempah-rempah umum untuk berbagai masakan seperti salad, steak dan yang lainnya.

Pada zaman kuno, rempah-rempah ini sangat dihargai yang digunakan untuk bertukar barang. Lada tidak hanya menarik soal rasa tapi juga memiliki efek baik yang terkandung di dalamnya.

Tapi ada perbedaan antara lada hitam dan lada putih, nah berikut beberapa perbedaan yang perlu anda ketahui dan juga manfaat kesehatan yang bisa anda rasakan.

Perbedaan Lada Hitam Dan Lada Putih

1. lada Hitam Adalah Bery Sementara Lada Putih Adalah Biji

Anda mungkin terkejut mendengar ini, bahwa ternyata lada hitam adalah termasuk dalam golongan buah. lada hitam dipanen saat berwarna hijau, tepat sebelum matang. Selanjutnya, dijemur sampai kering hingga menjadi hitam dan keriput.

Lada putih sebenarnya adalah biji dari buah tersebut. Ketika buah dipetik lapisan luar dicuci dengan air dan direndam. Biji ini juga dikeringkan tapi ini akan berubah menjadi putih bukan hitam. Karena lada putih telah dicuci biasanya akan lebih halus daripada lada hitam.

2. Lada hitam Lebih Pedas Daripada Lada Putih

Saat lada hitam telah mengering secara keseluruhan, ini akan menimbulkan rasa yang kuat. Paling baik saat baru dikeringkan, karena lada yang dibeli ditoko akan kehilangan aroma setelah lama disimpan. Lada hitam juga pedas dan memiliki aroma yang kuat.

Jika anda ingin masakan yang beraroma ringan, lada putih sangat ideal. Rasanya sederhana dan tidak tajam, cocok ditambahkan ke dalam makanan untuk menambah rasa. Lada putih juga cocok untuk anda yang bukan penggemar pedas.

3. Lada Hitam Dapat Bertahan Lebih Lama Dari Lada Putih

Ketika disimpan dalam wadah tertutup, lada hitam dapat bertahan selama 1 tahun. Namun, akan kehilangan rasa terbaiknya setelah beberapa bulan.

Karena lada putih lebih terbuka daripada lada hitam, maka dia akan kehilangan rasa lebih cepat. perlu diingat bahwa kesegaran selalu lebih penting ketika anda memutuskan memasak dengan lada putih.

4. Lada Putih Cocok Untuk Masakan Yang Sederhana

Selain rasa, perbedaan utama dari lada hitam dan lada putih adalah sentuhan akhirnya. Lada hitam sering digunakan dalam masakan yang berwarna warni.

Beberapa orang suka dengan hiasan lada diatas makananya, terutama untuk makanan yang lebih sederhana seperti sup dan saus.

Manfaat Kesehaan Dari Lada Hitam Dan Lada Putih

1. Membantu mengontrol Kolesterol

Menurut British Journal of Nutrition, lada dapat membantu mengatur tingkat kolesterol anda. Tambahkan cabe dan lada ke dalam menu harian anda. Ini adalah salah satu cara termudah untuk melindungi kolesterol dalam darah.

Salah satu manfaat paling penting dari lada adalah dapat mengatur tekanan darah. Banyak orang berpikir bahwa lada dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Namun, sebaliknya ini akan mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

2. Membantu Menyembuhkan Radang Sendi

Radang sendi adalah salah satu penyakit yang paling umum, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua. Memakan lada akan memberikan sejumlah vitamin C dan membantu mengurangi radang sendi secara signifikan.

Lada memiliki beberapa nutrisi penting yang berguna melawan radang sendi dan yang paling penting yaitu vitamin C. Ini adalah vitamin yang paling penting untuk melawan radang sendi dan mengurangi risikonya.

3. Mencegah Stroke Dan Penyakit Jantung

Lada kaya akan vitamin B dan ini adalah salah satu manfaat yang paling penting. Apakah anda tau satu cangkir lada akan memberikan anda 10 persen folat dan 36 persen vitamin B6? Orang-orang Jepang mengkonsumsi ini setiap hari.

Hasilnya adalah mereka mengalami risiko lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya yang terkait pada wanita. Makan makanan sehat adalah cara cerdas untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah kondisi yang berbahaya.

4. Membantu Mencegah Masalah Hati

Lada mengandung antioksidan yang diperlukan untuk membantu melawan radikal bebas dalam beberapa masalah yang berbahaya seperti kanker, stroke, dan masalah hati. Ini dapat meningkatkan kesehatan hati dan juga meningkatkan sistem metabolisme.

5. Membantu Mencegah Nyeri Telinga

Jika anda tidak ingin mengalami nyeri telinga, anda bisa menambahkan lada ke dalam menu makanan anda. Salah satu manfaat kesehatan yang terbaik dari lada adalah mencegah masalah-masalah yang terkait dengan telinga.

Lada juga memiliki kandungan alami untuk mengobati infeksi telinga. Sehingga anda dapat mengkonsumsi lada setiap hari untuk mencegah masalah telinga, terutama seiring berjalannya usia anda.

6. Menyembuhkan Gigitan Serangga

Jika anda mengalami gigitan nyamuk atau serangga lain, lada berguna untuk mengobatinya. Anda dapat mengoleskan sedikit pasta lada ke daerah yang terkena untuk mengurangi peradangan. Anda juga bisa mneyimpannya dikulkas dan gunakan setiap kali diperlukan.

7. Membantu Meningkatkan Pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan lada hitam dan putih juga dapat membantu sistem pencernaan. Ketika makan lada, perasa pada lidah akan mengirimkan sinyal ke perut untuk meningkatkan asam klorida sehingga anda dapat dengan mudah mencerna makanan.

Selain itu, lada juga bekerja untuk detoksifikasi tubuh yang mengurangi rasa sakit perut dan mencegah gas usus. Bagi mereka yang mengalami anoreksia, rempah-rempah ini dapat membantu merangsang dan meningkatkan selera makan.

8. Membantu Menyembuhkan Pendarahan

Ketika anda terluka, anda bisa menaburkan sedikit lada, obat ini membantu untuk menghentikan pendarahan pada luka. Selain itu sifat anti-bakteri dari lada juga membantu membunuh kuman serta meningkatkan pemyembuhan secara efektif.

9. Membantu Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi dari Universitas Michigan, lada dapat membantu melawan kanker payudara dan kanker kulit. Lada memiliki sifat mencegah kanker, yang digabungkan dengan kunyit untuk melawan sel-sel kanker.

10. Membantu Menghilangkan Kerutan

Anda dapat membuat scrub dari lada dan menggunakannya secara teratur untuk mendapatkan kulit lebih halus. Menurut ahli kecantikan, lada dapat membantu merangsang sirkulasi di kulit dengan memberikan nutrisi dan oksigen ke permukaan kulit.

Secara efektif mengelupas sel-sel kulit mati, menghilangkan racun pada kulit, menjadikan kulit cerah dan lembut serta mencegah kulit dari berjerawat.

Berikut ini cara membuat scrub dari lada buatan sendiri.

  • Siapkan mangkuk berukuran sedang.
  • Masukkan setengah cangkir minyak pijat dan 1 cangkir gula.
  • Tambahkan 6 tetes minyak jeruk, sejumput lada lalu diaduk sampe merata.
  • Gosokkan scrub ini pada kulit anda yang telah di basahi selama beberapa menit, lalu cuci dengan bersih.

Selain itu, lada ini juga membantu dalam mengobati vitiligo. Banyak penderita vitiligo, menggunakan ini sebagai obat alami dan mereka berhasil menghilangkan pigmentasi di kulit mereka dan membuat kulit menjadi lebih putih serta sehat.

Lada juga membantu mengobati masalah kulit lainnya seperti kerutan. Lada kaya antioksidan yang dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik gelap dan keriput. Daripada menggunakan lotion dan krim mahal, anda bisa menambahkan bahan alami ini untuk mendapatkan keajaiban pada kulit anda.

« Previous Post
Next Post »