Posisi Tidur Yang Baik Dan Buruk Serta Efeknya Pada Kesehatan

Mendapatkan tidur malam yang baik adalah sebuah keharusan dan sangat penting untuk kesehatan fisik serta psikologis. Pentingnya tidur malam yang baik didukung oleh penelitian yang tak terhitung jumlahnya.

Kurang tidur dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan dari obesitas, penyakit jantung dan rambut rontok serta penuaan dini. Namun banyak orang tidak mendapatkan tidur yang diperlukannya.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tidur anda, termasuk lingkungan, tempat tidur, tingkat stres, diet dan lainnya. Tapi banyak yang mengabaikan posisi tubuh, karena ini faktor utama untuk tidur malam yang baik.

Anda akan terkejut setelah mengetahui bahwa posisi tidur memiliki dampak yang besar pada tidur anda serta kesehatan anda secara keseluruhan. Berikut adalah posisi tidur yang terbaik dan terburuk serta efek yang ditimbulkan pada kesehatan anda.

1. Telentang Dan Tangan Tetap Lurus

Berbaring telentang dengan tangan berada dimasing-masing sisi anda. Posisi ini juga dikenal sebagai “prajurit pose“.

Efek Kesehatan

Tidur telentang biasanya dianggap posisi terbaik untuk kesehatan tulang belakang, karena punggung tetap lurus. Mengurangi tekanan pada sendi, sehingga mencegah nyeri di leher dan punggung. Juga tidur telentang mengurangi asam refluks, membantu menjaga payudara dan meminimalkan kerutan di wajah.

Tapi ini menyebabkan anda mendengkur, ketika anda tidur telentang maka pangkal lidah akan tertekan ke jalan napas sehingga menghalangi pernapasan dan menyebabkan dengkuran.

Solusi

Jika tidur telentang jadi penyebab mendengkur dan masalah pernapasan, anda bisa menggabungkan posisi ini dengan posisi tidur samping. Kombinasi dari dua posisi ini akan membantu anda tidur nyenyak dan bangun lebih segar.

Cobalah tidur telentang tanpa bantal untuk menjaga leher tetap dalam posisi yang netral. Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak bantal, karena dapat membuat lebih sulit bernapas. Sebaiknya gunakan bantal besar di bagian belakang lutut. Anda juga bisa menggunakan bantal soba di bawah kepala anda untuk menopang leher saat berbaring.

2. Telentang Dengan Tangan Keatas

Berbaring telentang dengan lengan diletakkan di samping wajah dan diatas kepala ini disebut juga posisi “bintang laut“.

Efek Kesehatan

Sama seperti efek kesehatan yang didapatkan seperti yang diatas. Selain itu, ini juga membantu mengurangi asam reflux dan mencegah zat yang dicerna kembali ke kerongkongan. Serta postur ini mencegah kerutan pada wajah dan jerawat.

Tapi, posisi ini dapat menyebabkan rasa sakit akibat tekanan pada saraf-saraf di bahu dikarenakan posisi tangan yang ke atas. Selain dari masalah mendengkur tentunya.

Solusi

Hindari menggunakan bantal saat tidur dalam posisi ini agar kepala, leher dan tulang belakang anda bisa beristirahat dalam posisi netral. Ini akan membuat tidak ada tekanan ekstra pada area tersebut saat Anda tidur.

3. Miring Dan Lengan Tetap lurus

Tidur pada posisi ini dengan kedua tangan ke bawah diposisikan seperti garis lurus. Ini juga disebut sebagai postur “log“.

Efek Kesehatan

Posisi tidur yang ideal untuk tulang belakang. Tulang belakang yang lurus tidak hanya mencegah sakit punggung dan leher tapi juga mengurangi apnea tidur. Selain itu tidur di sisi ini juga dapat mengurangi dengkuran. Ini posisi tidur terbaik untuk wanita hamil.

Tapi karena kaki bagian atas tidak mendapat cukup tumpuan dalam posisi tidur ini, kemungkinan tinggi anda bisa terkena nyeri pinggang atau pinggul di masa depan. Juga, tidur seperti ini menyebabkan penuaan kulit karena gravitasi bahkan menyebabkan nyeri leher.

Solusi

Gunakan bantal yang tebal untuk menopang leher anda dan gunakan sarung bantal satin untuk mencegah kerutan di wajah. Juga, letakkan bantal di antara paha Anda untuk mendukung kaki bagian atas.

4. Miring Dan Lengan Ke Samping

Tidur miring, dengan kaki sedikit menekuk dan tangan terulur ke samping serta kepala miring dikenal juga sebagai posisi “yearner“.

Efek kesehatan

Posisi tidur ini mencegah sakit punggung dan leher. Selain itu, membantu mengurangi mulas, mendengkur dan refluks asam. Tidak hanya itu, posisi tidur ini bahkan memungkinkan tubuh mengurangi risiko gangguan otak seperti alzheimer dan parkinson.

Orang yang tidur dalam posisi ini lebih kecil kemungkinannya untuk bangun di tengah malam. Hal ini dikarenakan kenyamanan tubuh yang di dapat selama tidur.

Tapi tidur di posisi ini dapat membatasi aliran darah yang tepat dan memberi tekanan pada saraf, yang dapat menyebabkan rasa sakit di bahu dan lengan. Kompresi saraf dapat menempatkan beban pada organ-organ internal seperti perut, hati dan paru-paru yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Tidur seperti ini juga dapat menyebabkan payudara kendor dan penuaan dini, dikarenakan hanya menempatkan satu sisi wajah pada bantal yang menyebabkan kerutan.

Solusi

Tidur dengan sarung bantal satin untuk mengurangi kemungkinan kerutan di wajah. Untuk mendukung kaki atas anda, gunakan bantal di antara lutut. Namun, untuk mengurangi ketidaknyamanan lengan atas, dianjurkan untuk beralih posisi.

5. Tidur Di Kedua Sisi

Posisi tidur ini gabungan antara telentang dan miring.

Efek Kesehatan

Tidur miring bermanfaat bagi mereka yang menderita sakit leher dan punggung, asam refluks, mendengkur dan apnea tidur. Juga mengurangi dengkuran dan di sisi lain membantu mengurangi nyeri punggung. Tidur miring ke kiri bermanfaat bagi wanita hamil, karena membantu memperbaiki sirkulasi darah ke janin.

Penelitian yang diterbitkan dalam BMC menunjukkan bahwa tidur pada sisi kiri selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah yang sehat dan menyediakan tingkat oksigen yang optimal untuk anda dan bayi anda.

Tapi, Tidur di sisi kanan dapat memperburuk masalah sakit maag. Di sisi lain, tidur di sisi kiri dapat membuat beban pada organ internal seperti perut, paru-paru dan hati.

Solusi

Jika anda lebih suka tidur dalam posisi ini, letakkan bantal di antara lutut anda. Juga, gunakan sarung bantal satin untuk mengurangi keriput di wajah anda. Plus, hindari mengistirahatkan kepala Anda (atau seluruh tubuh) pada satu lengan.

6. Posisi Janin

Tidur meringkuk di kedua sisi, dengan lutut menekuk ke dada dan dagu menunduk.

Efek Kesehatan

Posisi ini sebagian besar akan mengurangi dengkuran. Hal ini juga posisi yang baik untuk wanita hamil. Tidur di sebelah kiri membantu mengurangi refluks asam lambung.

Meskipun posisi ini cukup nyaman saat tidur, tapi ini akan menimbulkan banyak ketegangan pada leher dan punggung. Dapat menyebabkan masalah leher yang serius.

Solusi

Orang yang suka tidur dengan posisi ini harus menggunakan bantal yang kuat untuk mendukung kepala. Juga, bantal harus cukup tinggi untuk menjaga kepala di posisi yang netral. Ini akan membantu mengurangi stres dan tekanan pada leher untuk mencegah sakit leher, otot dan kekakuan.

7. Telungkup

Tidur telungkup dengan wajah miring dan lengan memeluk bantal. Jenis tidur ini juga dikenal sebagai “terjun bebas“.

Efek Kesehatan

Posisi ini membantu meningkatkan pencernaan hingga tingkat tertentu. Namun terlalu sering tidur dalam posisi ini akan memiliki dampak negatif pada sistem pencernaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan olah American Psychological Association menemukan bahwa orang-orang yang tidur telungkup secara signifikan akan memiliki mimpi erotis dibanding dengan mereka yang tidur pada posisi lain.

Tidur telungkup dianggap posisi tidur terburuk. Karena menempatkan beban pada tulang, sendi dan otot. Juga memaksa leher diputar pada satu arah yang lain. Posisi ini sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita sakit leher dan nyeri punggung.

Solusi

Jika anda suka tidur telungkup, cobalah letakan bantal pada perut anda. Ini akan membuat anda lebih nyaman daripada posisi telungkup.

« Previous Post
Next Post »