Rahasia Sederhana Melawan Penuaan

Penuaan adalah proses alami, tetapi banyak orang berusaha keras untuk tetap mempertahankan penampilannya agar tetap muda. Usia, faktor genetik dan lainnya adalah hal-hal diluar kendali. Jangan khawatir anda bisa dengan mudah memperlambat tanda-tanda penuaan dengan mencoba gaya hidup sehat.

Semakin cepat anda mengubah gaya hidup sehat semakin baik kulit anda. Hal ini juga menunda tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kulit kendur, keriput dan bintik-bintik hitam.

Penuaan tidak dapat dihindari, tapi ini bukan berarti anda tidak bisa tampil lebih muda dari usia anda. Ada banyak rahasia kecantikan yang dapat membuat penampilan anda lebih muda, terutama wajah. Berikut rahasia kecantikan alami anti penuaan.

1. Melakukan Perawatan Kulit Yang Baik

Terlepas dari berapa usia anda, Anda perlu mengikuti perawatan kulit yang baik untuk mendapatkan kulit sehat. Ketika kulit anda sehat, maka ini akan memperlambat tanda-tanda awal penuaan.

  • Bersihkan wajah anda sehari-hari dengan pembersih lembut, baik di pagi hari dan di malam hari. Ini akan menjaga kulit tetap bersih, lembut dan bebas dari kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori. Ketika membeli pembersih, hindari kandungan alkohol yang tinggi.
  • Oleskan pelembab ke seluruh wajah, leher, tangan dan kaki 2 kali sehari. Ini akan mencegah kulit kering dan menghindari penuaan.
  • Lakukan pengelupasan seminggu sekali dengan scrub wajah lembut. Ini akan mendorong pembentukan sel kulit baru dan membuat kulit terlihat lebih muda. Juga akan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap halus, sehat, segar dan cerah.

2. Memilih Produk Perawatan Kulit Dengan Cermat

Banyak orang membuat kesalahan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang salah. Ini dapat menyebabkan gatal, kering dan iritasi. Mudah untuk memperbaiki atau menghindari kesalahan ini.

Tentukan jenis kulit anda dengan menganalisis daerah T-zone kemudian pilih produk yang cocok untuk kulit anda. Juga, hindari terlalu banyak menggunakan kosmetik pada waktu yang sama. Ketika anda sudah melewati usia 20an, gunakan produk dengan kandungan retinol, peptida dan antioksidan.

  • Retinol mendorong peningkatan produksi kolagen dan elastis kulit.
  • Peptida dapat merangsang produksi kolagen dan perbaikan sel untuk membantu anda mendapatkan kulit tampak lebih muda.
  • Antioksidan melindungi kulit dari sinar matahari dan mempercepat sistem perbaikan kulit secara alami.

Jika anda ragu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk membantu menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit anda.

3. Memakai Tabir Surya

Tabir surya adalah alat anti penuaan yang paling direkomendasikan oleh ahli kecantikan. Musim panas ataupun musim hujan, anda harus tetap menerapkan tabir surya berkualitas baik pada bagian tubuh yang kemungkinan terpapar sinar matahari.

Terlalu banyak terkena paparan sinar UV yang berbahaya dapat merusak kulit, terutama elastin dan menyebabkan hilangnya kolagen. Hal ini dapat menyebabkan binti-bintik, keriput, kulit belang, kulit kering, kulit kasar dan kulit terbakar.

Anda bisa mengoleskan tabir surya minimal SPF 15 setiap hari, bahkan saat musim dingin. Untuk manfaat anti penuaan yang maksimal, pastikan juga mengoleskan tabir surya pada telinga, leher, kaki dan tangan.

4. Tidur Yang Cukup

Tetap tampak muda selama bertahun-tahun, dengan mendapatkan cukup tidur selama 7-8 jam setiap hari untuk kecantikan. Tidur dianggap perawatan meremajakan paling kuat untuk mempertahankan kulit awet muda.

Ketika anda tidur, kadar adrenalin dan kortikosteroid menurun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan. Selama waktu ini, proses perbaikan dan pertumbuhan sel terjadi.

Jika anda tidak mendapatkan cukup tidur, fungsi ini akan terganggu dan menyebabkan banyak tanda-tanda penuaan seperti keriput, kulit kusam dan garis-garis halus.

Tidur malam juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membuat ingatan menjadi lebih baik, meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kosentrasi serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, pertahankan jam tidur, hindari minuman berkafein sebelum tidur, mandi air hangat dengan beberapa tetes minyak aroma terapi di malam hari dan tidur di kasur dan bantal yang tepat.

5. Olahraga Setiap Hari

Olahraga baik untuk tubuh dan pikiran. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah dan membuat kulit menjadi sehat dan bersemangat. Ini juga mengatur hormon dan membantu membuat tidur lebih baik.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal sirkulasi, olahraga berpotensi mengurangi risiko mengembangkan penyakit seperti jantung dan kegemukan. Olahraga juga melawan hilangnya kekuatan otot, stamina, keseimbangan dan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Lakukan beberapa jenis aktivitas fisik selama 20-30 menit setiap hari. Kegiatan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan seperti berjalan, menari, bersepeda, berkebun bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga. Aerobik dan yoga juga bisa membantu.

6. Hindari Stres

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan perubahan pada fisik yang mempercepat penuaan. Ketika anda sedang stres, perubahan hormonal yang terjadi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan jantung berdetak lebih cepat.

Stres bahkan dapat menyebabkan kecemasan, depresi, insomnia, kenaikan berat badan, kelelahan dan banyak kondisi lainnya yang akan membuat anda terlihat lebih tua dari usia anda.

Anda harus mencoba untuk mengendalikan tingkat stres dalam hidup anda. Jika anda sedang mengalami stres, coba melakukan latihan pernapasan, berjalan-jalan keluar, berlatih yoga, meditasi atau terlibat kegiatan lainnya yang dapat mengalihkan pikiran anda dari stres dan membantu menenangkan pikiran.

7. Biasakan Makan Makanan Yang Sehat

Kulit yang sehat dimulai dari asupan yang sehat, Sehingga anda harus mempertimbangkan apa yang anda makan setiap hari. Untuk memperlambat penuaan, anda bisa mengikuti beberapa tips makanan berikut ini :

  • Memasukkan lebih banyak makanan yang kaya akan antioksidan dalam makanan anda. Antioksidan membantu meningkatkan regenerasi sel dan melindungi kolagen dengan demikian akan menjaga kulit bebas kerut.
  • Memastikan asupan asam lemak esensial yang memadai, seperti yang ditemukan dalam biji rami dan lemak ikan. Lemak sehat ini membantu fungsi kulit anda dengan benar dan membantu memperbaiki jaringan. Juga membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan mental.
  • Makan buah dan sayur serta 3 porsi biji-bijian setiap hari. Ini akan memberikan protein, kalsium, vitamin D, besi, seng dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

8. Tetap Terhidrasi

Air merupakan dasar dari kulit terlihat tampak lebih muda, karena itu anda perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari. Ini membantu menjaga kulit terdehidrasi dan lembab, sehingga akan terlihat lebih muda dan sehat.

Air juga membantu pencernaan, meningkatkan energi dan kosentarsi serta membuang racun dari tubuh. Ketika anda tidak minum cukup air, kulit anda akan menjadi kering, kusam dan dehidrasi yang akan membuat masalah seperti garis-garis halus, kerutan dan bibir pecah-pecah.

Agar tetap terhidrasi, minum 8-10 gelas setiap hari. Selain air putih anda dapat minum teh hijau, jus buah dan sayur atau makan buah dan sayur yang kaya akan kandungan air.

9. Kurangi Atau Berhenti Minum Alkohol

alkohol adalah minuman yang harus anda hindari karena dapat mempercepat proses penuaan dan mempengaruhi penyerapan mineral dalam tubuh. Ini juga membuat hati anda bekerja lebih keras untuk menghilangkan racun berbahaya, yang membuat kulit kering.

Alkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan iritasi kulit. Untuk kulit tampak lebih muda, anda harus mengurangi atau sama sekali berhenti minum alkohol.

10. Berhenti Merokok

Merokok bisa mmebuat kulit kusam dan membuat anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 racun berbahaya. Racun ini menyebabkan pembuluh darah di lapisan atas kulit mengerut, yang akan mengurangi jumlah oksigen dalam darah. Juga mengurangi produksi kolagen.

Hal ini dapat menyebabkan kulit kusam, kulit kendur, bibir gelap, kerutan di sekitar mulut dan mata, rambut kusam dan kuku yang berubah warna. Asap rokok memiliki efek yang merugikan pada kesehatan secara keseluruhan.

Hal ini dapat menyebabkan masalah pernapasan, tekanan darah tinggi, sistem kekebalan tubuh melemah, paru-paru dan jenis kanker lainnya.

Tips tambahan

  • Minimalkan terkena paparan klorin ketika berenang.
  • Jangan memencet jerawat.
  • Jangan melewatkan makan.
  • Jangan tidur tanpa membersihkan makeup di wajah.
  • Jangan terlalu sering atau terlalu lama mandi air hangat karena dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.
  • Jangan terlalu lama berada di ruangan ber AC.
  • Hindari menggunakan ponsel secara langsung karna dapat menyebabkan jerawat, sebaiknya gunakan handsfree.
  • Bersihkan makeup brushes dan alat-alat kecantikan secara teratur.
  • Memijat tubuh setidaknya sebulan sekali.
  • Selalu berpikir positif dan tersenyum.
  • Pilih pakaian berwarna cerah serta potongan rambut yang membuat anda terlihat muda.
« Previous Post
Next Post »