Solusi Ampuh Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda, prilaku serta faktor lingkungan. Sementara sebagian besar, sakit tenggorokan kronis dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius.

Biasanya, sakit tenggorokan dikarenakan beberapa iritasi kecil yang diakibatkan dari alergi, batuk, udara atau asap. Karena sakit tenggorokan dapat meluas, ada banyak solusi perawatan rumahan yang bisa anda lakukan untuk membantu melawan sakit tenggorokan.

Berikut beberapa pengobatan alami yang mudah dan sederhana.

Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Obat kuno ini bertahan karena benar-benar ampuh. Berkumur dengan air garam hangat dapat membilas habis lendir dan cairan lain yang menumpuk di tenggorokan selama sakit tenggorokan dan mencegah respon antiinflamasi tubuh.

Air asin hangat juga dapat meringankan pembengkakan sama dengan cara menggunakan kompres hangat. Untuk melakukan perawatan rumahan, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat dan kumur-kumur selama 60 detik.

Minum Madu

Madu telah digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan selama ribuan tahun, dan bahkan telah ditemukan di makan firaun Mesir kuno yang digunakan untuk berbagai macam pengobatan lainnya.

Madu memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit tenggorokan. Suatu studi klinis bahkan menemukan bahwa madu efektif untuk mencegah batuk di malam hari sebagai pengganti sirup obat batuk.

Untuk menggunakan madu sebagai pereda sakit tenggorokan, hanya dengan mengkonsumsi 1 sendok madu yang dicampur kedalam segelas air atau teh panas.

Menggunakan Humidifier

Sakit tenggorokan sering terjadi ketika selaput lendir sensitif bagian belakang tenggorokan mengering yang dikarenakan mendengkur, batuk atau tidak mendapatkan cukup udara untuk kelembaban.

Menggunakan humidifier di rumah atau alat penguap dapat membuat udara kembali ke tingkat kelembaban yang tepat di dalam sumah yang dapat meringankan dan mencegah sakit tenggorokan.

Jika humidifier listrik tidak tersedia, anda bisa mendidihkan air di dalam sebuah panci, hal ini memiliki efek yang sama tapi jangan biarkan semalaman hingga airnya mengering.

Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab sakit tenggorokan. Asap rokok masih dalam keadaan panas ketika masuk ke dalam tenggorokan, yang dapat membakar jaringan sensitif pada mulut dan tenggorokan.

Selain itu, asap rokok berisi puluhan partikel kimia yang dapat mengiritasi selaput lendir di hidung, langit-langit lunak di dalam mulut dan tenggorokan.

Berhenti merokok pada saat awal sakit tenggorokan akan memastikan bahwa kemungkinan penyebab sakit tenggorokan dapat disingkirkan, Serta memastikan bahwa tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri secepat mungkin.

Mengisap Bawang Putih

Mungkin terdengar aneh, tetapi mengisap bawang putih adalah obat rumahan kuno yang efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bawang putih terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengisap bawang putih dapat meringankan sakit tenggorokan karena bawang putih mengandung senyawa belerang dengan antiinflamasi alami dan meningkatkan kekebalan tubuh serta allisin, antibiotik alami yang yang dapat membantu melawan setiap kuman penyebab sakit tenggorokan.

Anda hanya perlu memotong 1 buah bawang putih mentah menjadi 2 lalu mengisapnya beberapa menit.

Teh Chamomile

Tanaman ini beserta daunnya telah digunakan selama ratusan tahun untuk khasiat obat yang meliputi antiinflamasi serta berbagai manfaatnya untuk kulit. Teh chamomile hampir 1 juta gelas per hari yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Tidak hanya teh chamomile panas atau dingin yang melakukan keajaiban untuk sakit tenggorokan, tetapi juga rasanya yang sangat fantastis. Teh chamomile mudah anda dapatkan dan minuman ini mampu meningkatkan suasana hati serta membantu pencernaan dan mengandung banyak antioksidan.

Juga dikenal sebagai aspirin herbal, daun chamomile banyak ditambahkan ke dalam banyak produk seperti sabun dan lotion. Dalam sebuah studi dari Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, Chamomile telah memperlihatkan karakteristik zat terapeutik yang membantu kesehatan secara keseluruhan pada manusia.

Peppermint Menthol

Peppermint memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi karena mengandung senyawa utama, mentol yang membantu untuk memecah lendir di dalam tubuh. Mengkonsumsi peppermint dapat membantu untuk menghancurkan infeksi dan bakteri dalam tubuh, seperti ditenggorokan.

Obat alami ini ditemukan dalam banyak produk yang berhubungan dengan flu biasa termasuk yang digunakan untuk menggosok dada, sirup batuk, permen pelega tenggorokan dan minyak yang digunakan untuk dihirup.

Minyak peppermint telah menunjukan dalam uji klinis memiliki peningkatan yang cepat dan signifikan pada sakit tenggorokan dibandingkan dengan plasebo.

Permen karet yang mengandung peppermint juga dapat menjadi solusi pengobatan yang berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan jika tidak ada obat yang tersedia. Peppermint juga sering digunakan untuk mengatasi kecemasan, sakit kepala, sakit perut dan kram menstruasi.

Biji Fenugreek

Fenugreek sangat serbaguna, yang juga merupakan obat alami untuk sakit tenggorokan yang bisa disajikan dalam berbagai bentuk termasuk teh, minyak atau biji. Ada sejumlah besar penelitian medis yang menunjuk bahwa fenugreek dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh bakteri dan infeksi dalam tubuh.

Fenugreek juga dapat digunakan sebagai agen antijamur. Salah satu cara termudah untuk mengkonsumsi fenugreek adalah dengan menambahkan 3-4 biji ke dalam air panas lalu tunggu hingga hangat sebelum diminum.

Untuk meningkatkan rasa minuman ini, anda bisa menambahkan madu, jahe atau peppermint untuk mendapatkan manfaat ganda dalam membersihkan tenggorokan.

National Center for Complementary dan Integrative Health merekomendasikan bahwa wanita yang sedang hamil agar menghindari mengkonsumsi fenugreek karena akan menstimulasi uterus dan merangsang induksi karakteristik zat.

Akar-Akaran

Akar-akaran, seperti licorice atau akar manis, telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Mengandung zat yang melapisi dan menenangkan sakit tenggorokan serta dapat melindungi dari angin dingin dan polusi.

Tambahkan akar kering dan secangkir air panas untuk membuat teh ini dan konsumsi 2-3 kali perhari. Orang yang mengalami diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba obat ini karena dapat berpotensi menyebabkan penurunan gula darah.

Akar licorice dapat digunakan dalam obat kumur dengan air dan zat-zat lainnya yang berguna seperti madu, jahe atau garam untuk membantu meringankan rasa sakit tenggorokan.

Menurut National Center for Complementary dan Integrative Health, perempuan yang sedang menyusui atau hamil harus menghindari akar licorice.

Cuka Sari Apel

Rasa asam dalam cuka apel adalah kunci untuk melawan infeksi di dalam tubuh dengan memecah lendir dan menghentikan bakteri di tenggorokan agar tidak menyebar.

Salah satu metode yang paling terkenal dalam menggunakan cuka sari apel untuk menenangkan sakit tenggorokan adalah dengan mencampur 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 cangkir air dan kumur-kumur setiap setengah jam.

Pastikan untuk minum banyak air diantara sesi berkumur. Cuka sari apel dapat ditambahkan ke dalam air garam, madu dan air jeruk nipis atau bahkan cabe rawit, madu dan air.

Berkumur Dengan Baking Soda

Meskipun air garam hangat lebih sering digunakan, berkumur dengan campuran baking soda, garam dan air dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dengan sama baiknya.

Campuran ini membunuh bakteri dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Bahkan baking soda dapat juga digunakan sebagai pemutih gigi alami.

Campuran yang direkomendasikan adalah kombinasi dari 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam. Ketika gaam dan baking soda telah larut di dalam air hangat berkumurlah dengan lembut dan lakukan Setiap 3 jam jika diperlukan.

Pengobatan Alami Sakit Tenggorokan Untuk Anak-Anak

Sakit tenggorokan tidak mengkhawatirkan bagi anak-anak, namun dapat menjadi cukup merepotkan. Untungnya ada banyak cara untuk mengobati bayi atau anak-anak yang mengalami sakit tenggorokan.

Menempatkan humidifier di kamar anak untuk menambah kelembaban udara dan membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit tenggorokan. Dorong anak untuk minum banyak air dan jus agar mereka tetap terhidrasi.

Namun, hindari jus jeruk yang dapat memperburuk sakit tenggorokan. Berikan juga kepada meraka teh yang terbuat dari madu dan lemon tetapi tidak diizinkan untuk anak dibawah usia 1 tahun.

« Previous Post
Next Post »