Tips Sederhana Agar Tetap Langsing Dan Sehat

Tetap langsing dan sehat bukan hanya terlihat baik tapi penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Untuk mencapai tujuan ini, anda harus menentukan berat badan ideal berdasarkan jenis kelamin, usia, tinggi, dan tipe tubuh.

Anda juga dapat menghitung BMI menggunakan berat badan dan tinggi untuk menetukan berat badan ideal. Hal ini banyak digunakan dan juga direkomendasikan oleh WHO.

Anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik untuk tetap sehat dan menghindari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Sebagian besar melibatkan perubahan gaya hidup dan rutin berolahraga. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tetap langsing dan sehat.

1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Ini akan membantu anda menghindari makan secara berlebihan, juga perut anda dapat bekerja lebih baik dengan memiliki banyak ruang untuk menghasilkan cairan dalam pencernaan dan memecah makanan.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyampaikan pada otak bahwa perut anda telah penuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan makan perlahan-lahan akan membuat anda kenyang lebih cepat. Serta membuat anda lebih menikmati makanan.

Berikut beberapa aturan dasar saat makan :

  • Makanlah saat anda merasa lapar, bukan karena bosan, stres atau kesepian.
  • Jangan makan atau minum dimana saja, seperti minum kopi saat berkendara atau bekerja. Anda akan mengkonsumsi lebih banyak kalori dengan cara ini.
  • Tidak makan malam, makanlah 2-3 jam sebelum tidur.
  • Setelah makan makanan kecil, tunggu hingga 3 jam sebelum makan atau cemilan berikutnya.
  • Jika anda melewatkan makan, makanlah buah-buahan dan sayuran terlebih dulu sehingga anda tidak akan makan berlebihan.
  • Lakukan detox seminggu sekali.

2. Atur Porsi Makan

Kebanyakan orang tidak menyadari bagaimana mengatur porsi makanan dapat membantu menjaga berat badan. Penelitian yang dilakukan di Ohio yang melibatkan 329 peserta yang memiliki kelebihan berat badan, 38 persen dari mereka kehilangan berat badan sekitar 5 persen setelah berlatih mengatur porsi makan.

Untuk mengatur porsi makan anda bisa mengikuti tips berikut ini :

  • Gunakan piring, mangkuk dan sendok yang lebih kecil.
  • Gunakan gelas tinggi yang ramping bukan yang kecil tapi lebar sehingga gelas yang tinggi terlihat lebih banyak.
  • Tidak makan keripik dan kue lainnya langsung dari kemasan.

3. Minuman Detoksifikasi

Mulailah hari dengan minum air hangat dicampur dengan jus lemon. Ini membantu meningkatkan pencernaan, mengeluarkan racun, menyeimbangkan kadar pH dan membantu menjaga berat badan serta menyehatkan.

Anda juga bisa mencampur 1-2 sendok teh cuka sari apel lalu minum 1-2 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu kedalam minuman ini.

Meskipun lemon dan cuka sari apel asam, tapi mereka memiliki efek alkalizing pada tubuh. Namun, mereka dapat memicu rasa mulas jika anda minum secara berlebihan. Anda juga bisa melakukan detoksifikasi tubuh dengan membuat smoothie yang lezat.

4. Lakukan Olahraga

Kurangnya kegiatan fisik adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan yang sering diabaikan. Anda tidak perlu melakukan latihan intensif. Bahkan anda bisa menikmati aktivitas fisik seperti berjalan cepat, jogging, berenang, menari, aerobik atau bersepeda.

Berkebun juga bisa menjadi latihan yang menarik karena dapat membakar lebih dari 300 kalori per jam. Senam ringan secara teratur juga akan meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. memilih naik tangga daripada lift dan berjalan kaki juga merupakan cara sederhana yang bisa anda lakukan.

5. Sarapan Sehat

Studi telah menemukan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan daripada mereka yang selalu memiliki sarapan sehat serta makan secara teratur.

Para ahli juga percaya bahwa sarapan dengan protein tinggi bisa menjadi kunci melangsingkan tubuh karena membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengendalikan nafsu makan.

Coba beberapa resep sarapan kaya protein berikut :

  • Smothie protein tinggi,
  • Telur rebus,
  • Keju dan buah-buahan,
  • Yoghurt Yunani,
  • Sereal dengan susu,

Anda juga dapat makan makanan kaya akan serat seperti oatmeal dan roti gandum. Gantikan secangkir kopi dengan teh hijau yang mengandung antioksidan kuat dan meningkatkan pembakaran lemak.

Satu lagi aspek yang sangat penting adalah untuk menyiapkan makanan dengan menggunakan bahan-bahan organik.

6. Identifikasikan Rasa Lapar

Terkadang banyak orang yang masih tidak bisa membedakan antara kehausan dan lapar sehingga mereka akan makan padahal tubuh membutuhkan air. Hipotalamus adalah bagian wilayah otak yang mengendalikan rasa lapar dan haus, serta mengirimkan sinyal yang sama untuk keduanya.

Untuk menentukan apakah anda lapar atau haus, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 menit. Jika rasa ingin makan reda, berarti anda haus bukan lapar. Gejala seperti sakit kepala dan kelelahan juga menandakan anda perlu lebih banyak air dalam tubuh.

7. Hindari Makanan Cepat Saji

Junk food dan soda adalah penyebab utama dari masalah obesitas yang terus meningkat. Namun, dengan membuat pilihan makan sehat, secara signifikan anda dapat mengurangi lemak dan kalori dalam diet anda.

Berikut beberapa tips untuk membantu anda membuat pilihan makanan yang lebih baik :

  • Mengganti kentang goreng dengan buah, yoghurt atau salad.
  • Pilih makanan yang dipanggang atau dibakar daripada gorengan.
  • Pilih makanan seperti pasta gandum, roti gandum, sereal gandum dan beras merah.
  • Hindari saus berkalori tinggi dan pilih mayones dengan rasa polos atau anda bisa menggantinya dengan saus rendah kalori.
  • Hindari soda dan ganti dengan teh hijau atau teh herbal.

8. Kurangi Stres

Stres adalah salah satu faktor yang paling umum berkontribusi terhadap kenaikan berat badan karena meningkatkan tubuh untuk menyimpan lemak dan mengurangi kemampuan untuk membakar lemak.

Pelepasan kortisol selama stres dapat meningkatkan nafsu makan, membuat anda merasa selalu ingin makan. Stres juga membuat anda ingin memakan makanan manis dan makanan lemak tinggi.

Cobalah latihan relaksasi seperti pernapasan, yoga dan meditasi. Memasukkan lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin B dan C, magnesium dan kalsium dalam makanan anda. Karena kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan peningkatan tingkat kortisol.

Omega 3 asam lemak juga dapat mengurangi stres, meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Jadi makan lebih banyak oatmeal, almond, alpukat, jeruk, biji-bijian, bayam, susu skim dan yoghurt untuk melawan stress dengan cara yang sehat.

9. Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Kurang tidur akan memperlambat metabolisme dan mempengaruhi hormon anda, sehingga meningkatkan rasa lapar.

Juga, anda akan tergoda untuk ngemil saat larut malam membuat anda akan bertambah. Untuk membantu tidur yang yang lebih baik, buatlah sebuah ritual tidur seperti mandi air hangat, membaca atau meditasi beberapa menit sebelum tidur.

Juga bisa dengan menciptakan keadaan yang santai dan menjauhkan TV serta komputer dari kamar anda. Disarankan untuk membuat jadwal tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

10. Melakukan Pemeriksaan Medis Secara Teratur

Lakukan pemeriksaan jika anda mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba, karena adanya kemungkinan kondisi yang mendasari seperti diabetes, hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik, menopause, depresi dan cushing’s sindrom.

Misalnya hipotiroidisme akan memperlambat metabolisme sehingga menyebabkan penambahan berat badan atau kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, pengobatan tekanan darah tinggi, obat diabetes, kortikosteroid dan kontrasepsi oral juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan sebagai efek samping.

« Previous Post
Next Post »