Yuk Ketahui Makanan Berdasarkan Tipe Tubuh Anda

Sebagian besar orang tidak berpikir dua kali mengenai tipe tubuh mereka, kecuali hanya untuk menemukan pakaian yang paling bagus bagi tubuh mereka.

Tipe tubuh tidak hanya menggambarkan penampilan seseorang. Tapi, juga banyak hal lainnya. Tipe tubuh anda dapat menggambarkan cara pencernaan anda menanggapi makanan yang anda makan serta karakteristik hormonal anda.

Bahkan dapat menentukan olahraga terbaik apa yang dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Secara umum tipe tubuh dapat dibagi ke dalam tiga kategori yaitu apel, pir dan jam pasir.

Mereka yang memiliki tubuh berbentuk apel, memiliki sebagian besar lemak di sekitar daerah perut dan memiliki kaki ramping. Sementara buah pir memiliki tubuh langsing namun besar dibagian pinggul dan paha.

Dan yang terakhir jam pasir mempunyai tubuh yang memiliki berat hampir sama di seluruh tubuh. Ini memiliki metabolisme yang terbaik, sementara tubuh berbentuk apel biasanya berhubungan dengan tingkat metabolisme dan berat badan yang rendah.

Setiap tipe tubuh berbeda dari yang lainnya dan menyimpan lemak dengan cara yang berbeda juga. Ketika bahan bakar tubuh sesuai dengan tipe tubuh anda, makan lihat betapa cepatnya tubuh anda dapat menyesuaikannya.

Anda akan melihat peningkatan yang cukup besar dalam tingkat energi dan berat badan yang berlebih akan menurun secara mudah dan alami.

Untuk meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan yang cepat, berikut adalah panduan singkat tentang apa yang harus anda makan dan yang harus anda hindari berdasarkan tipe tubuh.

Tubuh Bentuk Apel

Tipe tubuh ini juga dikenal sebagai endomorph, menderita kelebihan insulin dan kortisol dengan menyimpan lemak di daerah perut.

Ukuran tubuh berbentuk apel didominasi oleh tingkat androgen, menyebabkan kelebihan jaringan adiposa yang disimpan di sekitar payudara, pinggang dan punggung lebih tinggi. Kelebihan berat badan di sekitar daerah perut berhubungan dengan beberapa ancaman kesehatan termasuk jantung, diabetes dan kanker.

Namun, kaki dan lengan umumnya ramping tanpa adanya lemak. Orang-orang dengan jenis tubuh ini biasanya lebih pendek. Berat badan mereka dapat dengan mudah naik dan kabar baiknya dapat dengan mudah juga untuk turun.

Anda perlu mengawasi diet anda untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh anda dalam waktu yang cepat. Perlu diingat bahwa lemak di perut rusak lebih cepat daripada lemak yang tersimpan di daerah pantat dan paha.

Nutrisi Untuk Tubuh Tipe Apel

Jika anda memiliki tubuh berbentuk apel, anda harus mengetahui jumlah kalori yang anda konsumsi setiap hari. Anda harus menyeimbangkannya seperti 30 persen karbohidrat, 35 persen protein dan 35 persen lemak.

Fokus pada jumlah tinggi protein dan sayuran dalam jumlah yang sama serta cukup lemak sehat. Penuhi kebutuhan karbohidrat dengan makanan seperti buah dan sayuran.

Hindari makanan yang tinggi karbohidrat karna dengan mudah akan dikonversi menjadi gula, yang akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Pilih makanan tinggi karbohidrat hanya seminggu sekali.

Apa Yang Harus Dimakan

  1. Lemak tak jenuh yang sehat seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji, minyak zaitun, minyak kelapa, selai kacang dan keju. Makanan dengan lemak sehat ini membantu menjaga kadar gula darah, membatasi sekresi insulin berlebih, menekan leptin, mengurangi respons insulin setelah makan dan menyeimbangkan glukosa serta insulin dalam tubuh.
  2. Lemak Antiinflamasi yang dapat ditemukan dalam alpukat, minyak zaitun, ikan salmon, dan seluruh biji-bijan seperti gandum, soba dan bayam. Makanan ini membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh juga membantu dalam mengendalikan tingkat kortisol.
  3. Kacang putih ini adalah sumber alami yang membantu menurunkan tingkat kortisol di otak. Juga mengandung serat yang membantu keseimbangan dan menstabilkan tingkat insulin dalam tubuh.
  4. Blueberry mengandung senyawa bioaktif tertentu yang meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko mengembangkan diabetes.
  5. Bubuk cokelat atau dark cokelat dapat menghambat enzim yang membatasi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Ini akan meningkatkan serotonin kimia yang memiliki efek antidepresan dan membantu menurunkan kadar kortisol dalam darah yang mengurangi stres dan depresi.
  6. Protein seperti daging ayam, ikan dan sapi membantu menurunkan kadar leptin dalam tubuh. Ini akan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak lebih cepat.
  7. Sayur berdaun hijau seperti bayam, kubis dan lainnya membuat tubuh anda mampu membakar lemak.
  8. Apel organik membantu menurunkan tingkat koleterol jahat dalam darah.

Apa yang Tidak Seharusnya Dimakan

  1. Pemanis buatan, makanan yang mengandung aspartam dan pemanis buatan dapat meningkatkan insulin yang memicu penambahan berat badan.
  2. kopi atau minuman berkafein memicu peningkatan kortisol dan insulin.
  3. Karbohidrat olahan seperti nasi, pasta dan roti putih rendah lemak tapi dapat membuat lonjakan pada darah yang meningkatkan tekanan pada tubuh dan membuat anda lapar.
  4. Makanan manis fruktosa atau sirup jagung tinggi fruktosa, makanan ini bekerja untuk meningkatkan nafsu makan.
  5. Makanan tinggi gula seperti kue, cookie dan donat meningkatkan tingkat insulin dalam darah dan berkontribusi terhadap berat badan. Demikian pula makanan seperti mangga, nanas dan anggur.
  6. Junk food makanan seperti keripik kentang, pizza, burger dan makanan sampah lainnya yang tinggi lemak serta karbohidrat yang harus dihindari.

Tubuh tipe apel sangat sensitif bahkan terhadap karbohidrat yang sehat seperti ubi jalar, beras merah dan kacang panjang yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

Tubuh Bentuk Pir

Tipe tubuh ini juga dikenal sebagai ectomorph, yaitu kelebihan estrogen dan cenderung bertambah berat badan di sekitar pinggul dan paha. Dominasi estrogen mengarah ke kondisi seperti retensi air, kembung dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Tipe tubuh ini juga biasanya memiliki tubuh bagian atas lebih kecil. Saat menurunkan berat badan tipe tubuh ini sulit untuk menghilangkan lemak di bagian pinggul dan paha. Tapi mudah untuk menurunkan berat badan di bagan lain dari tubuh.

Makan makanan yang membantu menghilangkan estrogen dari tubuh akan membantu tipe tubuh ini untuk menurunkan berat badan. Dalam hal kesehatan tubuh tipe pir ini lebih beruntung karena lemak di sekitar pinggul dan paha biasanya tidak meningkatkan risiko jantung dan diabetes

Nutrisi untuk tubuh Tipe Pir

Metabolisme yang cepat adalah kelebihan dari tubuh tipe pir. Oleh karena itu, jenis tubuh ini harus memastikan mengkonsumsi kalori dan karbohidrat yang memadai. Bagilah macronutrients Anda sebagai berikut 50 persen karbohidrat, 25 persen lemak dan 25 persen protein.

Untuk tubuh berbentuk pir, lakukan diet rendah lemak. Ini benar-benar membantu memecah lemak yang terakumulasi dalam tubuh bagian bawah.

Apa Yang Harus Dimakan

  1. Biji rami adalah makanan phytoestrogenic lemah dengan demikian dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dalam tubuh.
  2. Sayuran seperti kubis, kembang kol, selada dan sayuran berdaun hijau yang mengandung fitonutrien dalam jumlah tinggi yang membantu dalam menurunkan estrogen.
  3. Produk-produk susu dan daging organik, ini membantu dalam mengurangi tingkat hormon estrogen.
  4. Susu rendah lemak, kalsium dalam produk susu rendah lemak membantu mengatur cara lemak disimpan, diakumulasi dan dihancurkan.
  5. Buah dan sayuran tinggi serat, seperti bit yang tinggi serat membantu dalam menghilangkan estrogen dalam tubuh.
  6. Kecambah brokoli adalah sumber yang sangat baik dari sulforaphane yang membantu menurunkan tingkat estrogen. Selain itu, fitonutrien di dalamnya membantu mengurangi risiko kanker.
  7. Toge kaya akan asam glukonat yang membatasi saluran pencernaan dari penyerapan kembali estrogen sehingga membuang lebih banyak estrogen.
  8. Seluruh biji-bijian, seperti gandum dan soba sumber yang baik dalam membantu menurunkan estrogen.
  9. Protein yang mengandung listin dan treonina senyawa yang membantu fungsi hati dan memastikan metabolisme estrogen.

Apa Yang Seharusnya Tidak Dimakan

  1. Susu tinggi lemak, tahu dan produk kedelai ini dapat meningkatkan tingkat estrogen dalam tubuh.
  2. Kafein, terlalu banyak minum kopi atau minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen.
  3. Pasta, Ini adalah karbohidrat glikemik tinggi yang menyebabkan retensi air dan timbunan lemak di tubuh bagian bawah.
  4. Daging olahan, daging ini tinggi lemak yang memberikan kontribusi dalam peningkatan tingkat estrogen serta kandungan garam yang menjadi penyebab retensi air.
  5. Alkohol, dapat meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh, yang akan meningkatkan risiko pengembanagn hormon yang berhubungan dengan kanker seperti kanker payudara.
  6. Lemak berbahaya termasuk minyak terhidrogenasi dan minyak terhidrogenasi parsial, sering ditemukan pada margarin.
  7. Lemak inflamasi, termasuk dalam kebanyakan minyak nabati, seperti bunga matahari, safflower dan sawit
  8. Lemak jenuh, yang berasal dari sumber hewani, seperti daging merah.

Tubuh Bentuk Jam Pasir

Jenis tubuh ini dikenal sebagai mesomorph. Orang dengan tubuh berbentuk jam pasir ini berurusan dengan hormon tiroid yang rendah dan memiliki berat badan yang sama didistribusikan ke seluruh tubuh.

Tipe tubuh ini biasanya cenderung ramping, tampak atletik dan memiliki sedikit lemak. Membangun otot di bagian lengan, dada, lutut dan pergelangan kaki. Orang yang memilki tipe tubuh yang paling istimewa, dengan sel-sel otot responsif dan metabolisme tinggi.

Karena metabolisme yang tinggi, mereka cenderung membakar lemak dengan mudah. Mereka dapat dengan mudah menaikan dan menurunkan berat badan tanpa banyak usaha, hanya tergantung pada apa yang mereka makan.

Nutrisi Untuk Tubuh Tipe Jam Pasir

Karena tipe tubuh ini diantara tubuh tipe apel dan pir, anda harus membagi macronutrients anda secara merata antara kebohidrat, protein dan lemak.

Apa Yang Harus Dimakan

  1. Sayur dan buah, dengan menggabungkan banyak buah dan sayuran seperti apel, jeruk, pir, wortel dan sayuran berdaun hijau dalam makanan anda.
  2. Sereal gandum, menikmati oatmeal dan soba sebagai bagian dari makanan anda.
  3. Daging sapi yang diberi makan rumput, ini adalah sumber alami dari yodium, besi, asam lemak yang kuat dan mengandung asam linoleat.
  4. Yogurt Yunani, makan dengan protein dan rendah karbohidrat serta lemak, makanan ini baik untuk rutinitas energi dan penurunan berat badan.
  5. Rumput laut, ini adalah sumber yodium yang dapat membantu menangani tiroid yang rendah, membantu produksi tiroksin dan membantu mengatur serta meningkatkan metabolisme tubuh.
  6. Minyak kelapa, ini membantu mengurangi lemak perut dan meningkatkan energi.
  7. Kacang brasil, ini kaya selenium yang sangat baik untuk tiroid.

Apa Yang Seharusnya Tidak Dimakan

  1. Minuman berkafein, seperti teh, kopi dan coklat panas. Juga, hindari minuman energi dan soda yang mengandung kafein.
  2. Karbohidrat olahan, tepung putih dan produk yang mengandung tepung putih seperti roti putih dan pasta.
  3. Kedelai yang tidak difermentasikan, ini dapat meningkatkan tingkat estrogen yang menghalangi tiroid berfungsi dengan baik.
  4. Fluorida dan air yang diklorinasi, ini membatasi fungsi tiroid.
  5. Goitrogens makanan seperti kubis, brokoli, kembang kol, ubi jalar, jagung dan produk kedelai dapat mengganggu hormon tiroid.
  6. Kacang dan selai kacang, kacang ini menghambat fungsi tiroid
  7. Ikan tinggi merkuri seperti ikan hiu, ikan todak dan kebanyakan tuna kecuali cakalang.
« Previous Post
Next Post »